Klungkung ( Metrobali.com ) 
Untuk tidak dikatakan gagal pembangunan Dermaga Sandingan di eks galian C, Bupati Candra kembali mengatakan keyakinannya dermaga itu akan selesai. Namun sepertinya tidak berani memastikan kapan bisa diselesaikan. Hal tersebut pastinya masyarakat kususnya Klungkung sudah mendengar apa yang pernah dilontarkan Bupati Candra selaku Kepala Daerah, beberapa tahun yang lalu. Dimana Candra pernah mengatakan dermaga akan selesai tahun 2012, namun dalam kenyataan di lapangan tidak ada satupun  bangunan fisik yang tampak.
Merasa sebagai kepala daerah yang bertanggung jawab terhadap perkembangan diwilayahnya, maka  pada hari Rabu ( 28/11 ) Bupati Wayan Candra dengan didampingi Kadishubimfokom Nengah Sukasta melakukan sidak. Candra sendiri ingin melihat dari dekat kondisi proyek tersebut. terlebih lagi sempat menjadi polemik dan jadi sorotan berbagai kalangan. Malah ada yang pisimis kalau Darmaga tersebut bisa kelar.
Usai melakukan sidak Candra langsung mengeluarkan pernyataan kalau Darmaga tersebut jalan terus. “Jalan terus…tidak pernah berhenti,” ujar Candra. Kalau ada yang mengatakan proyek tersebut sempat berhenti dan mandeg itu adalah tidak benar. Candra juga optimis Darmaga tersebut akan segera kelar. Hanya saja semua itu bisa terwujud jika komitmen Provinsi Bali dan Pusat yang sudah dilakukan selama ini dijalankan dengan baik.

Sementara terkiat ada kecurigaan kalau proyek tersebut jalan di tempat Bupati menyarankan masyarakat Klungkung untuk melihat langsung proyek tersebut. Diakui Candra pengerjaan proyek tersebut memang tidak bisa kelar tepat waktu sesuai target awal tahun 2012. ini karena berbagai kendala dilapangan. Diantaranya adalah faktor alam. Namun demikian dirinya menjamin kalau pembagunan Darmaga tersebut selesai pada saatnya nanti.

Bahkan jika nanti dirinya sudah tidak menjabat lagi berharap penerusnya bisa melanjutkan pembagunan Darmaga tersebut. Ini artinya ada kesan kalau Candra akan mewariskan proyek tersebut kepada penerusnya. Menurutnya karena besar sekali harapan Rakyat Klungkung terutama Nusa Penida agar proyek tersebut bisa segera selesai. Bahkan menurut pria asal Pikat ini, Darmaga sandingan ini nantinya akan sangat bermanfaat untuk Rakyat dan Pemkab Klungkung. selaian untuk membantu penyebrangan, secara ekonomi juga untuk mendongkrak PAD Pemkab Klungkung.

Baca Juga :
Kasus Meninggal Dunia Nihil, Kasus Sembuh Covid-19 di Kota Denpasar Bertambah 42 Orang

Sementara itu saat sidak nampak beberapa pekerja sedang melakukan pengerjaan breakwater. Pengerjaan Breakwatter inilah yang juga selama ini banyak mengalami kendala. Karena beberapa kali dibagun brekwatter malah hancur dan tenggelam. Untuk mengetasi hal ini beton breakwater yang dipasang kali ini sedikit beda yakni berbentuk hurup T. kalau sebelumnya hanya berbentuk segi empat namun ternyata gampang diempaskan gelombang. Dengan berbentuk hurup T diharapkan beton yang dipasang bisa lebih tahan gelombang karena ada kait mengait.

Sementara itu menurut anggota DPRD Klungkung Wayan Buda Parwata, salah satu yang menghambat pengerjaan Darmaga tersebut adalah soal akses jalan masuk. Selama akses jalan belum ada menurut Buda pemerintah Pusat tetap ragu ragu untuk mendukung dan mencairkan anggranya. Untuk itu masalah akses jalan yang menjadi kewenangan Pemkab Klungkung agar segera di selesaikan terlebih dahulu. “Akses jalan yang harus segera di selesaikan,” pintanya. SUS–MB