Foto: BEM FMIPA Universitas Udayana dengan progam kerjanya yaitu FMIPA Clean Up 2022 melakukan kegiatan pembersihan di lingkungan Tebing Pantai Balangan, Jimbaran pada Minggu, 17 Juli 2022.

Badung (Metrobali.com)-

BEM FMIPA Universitas Udayana dengan progam kerjanya yaitu FMIPA Clean Up 2022 melakukan kegiatan pembersihan di lingkungan Tebing Pantai Balangan, Jimbaran pada Minggu, 17 Juli 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh Jajaran Dekan, Dosen Pembina Kemahasiswaan, Koprodi, tim keamanan dari Babinsa dan Babinkamtibmas Jimbaran, serta relawan mahasiswa FMIPA.

FMIPA Clean Up adalah kegiatan yang dilaksanakan rutin tiap tahun, dimana pada tahun ini terdapat dua edisi dengan tempat pelaksanaanya yang berbeda. Pada edisi pertama, saasarannya adalah area pantai yaitu Pantai Balangan karena menjadi salah satu objek wisata yang sangat dilirik dan digemari oleh wisatawan domestik maupun manca negara. Kebersihan lingkungan pantai memiliki kontribusi dalam mengembalikan pariwisata Bali yang sempat redup karena pandemik yang berkepanjangan.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan dan menjaga kebersihan lingkungan daerah sekitar supaya lebih bersih dan bebas sampah, mencegah pencemaran lingkungan yang dapat menimbulkan penyakit, menumbuhkan kepekaan dan kepedulian mahasiswa terhadap pentingnya kebersihan lingkungan, sekaligus sebagai sarana bagi mahasiswa untuk dapat berkontribusi dalam menjaga kebersihan lingkungan. Dengan kegiatan ini rasa kekeluargaan antar mahasiswa juga akan meningkat.

Acara ini diawali dengan registrasi panitia, undangan, dan relawan sekaligus pengecekan suhu dan pemberian handsanitizer. Pembukaan pada acara ini dimulai dengan laporan ketua panitia, sambutan dari Wakil Dekan kemahasiswaan dan Informasi. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian edukasi dari tim Pengelola TPST SAMTAKU kepada para relawan. Relawan dibekali pengetahuan tentang sampah dan limbah, tata cara pengolahan sampah pada TPST SAMTAKU, dan ajakan untuk lebih mencintai kebersihan dan memanfaatkan sampah itu sendiri. Tidak lupa juga panitia FMIPA Clean Up menyumbangkan banner untuk menandai tong sampah yang berada disana sekaligus menjadi kenang-kenangan.

Baca Juga :
Wagub Paparkan Pariwisata Bali yang Berkelanjutan dan Berkualitas kepada Mahasiswa IPB Internasional

Kegiatan ini ditutup dengan foto bersama oleh relawan, panitia, dan tim dari TPST SAMTAKU. Sesi foto sangat menyenangkan dengan jargon “Sampahku Tanggung Jawabku”, dengan gaya khas, 3 jari dari tim TPST SAMTAKU.

“Semoga teman-teman FMIPA bisa singgah di lain waktu ke TPST SAMTAKU”, ucap Pak Gede edukator dari TPST SAMTAKU mengajak relawan untuk dapat melihat sendiri bagaimana proses pengolahan sampah dari TPST. Setelah diadakannya kegiatan ini di Pantai Balangan, diharapkan area Pantai Balangan ini dapat terus terjaga kebersihannya dan menjadi awal untuk organisasi sekitar melakukan kegiatan pengabdian seperti ini lagi untuk kedepannya. (rls)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1411-FMIPA-CLEAN-UP-2022.html