Patut Dicontoh, PSI Denpasar Selatan Berikan Kursus Bahasa Inggris Gratis Peringati Hardiknas

Metro Bali
single-image

Foto: Bro Made Hartawan, Ketua DPRt PSI Sidakarya (kiri) dan Sis Astrika, Seksi Pemberdayaan Perempuan dan Anak PSI Denpasar Selatan (kanan).

Denpasar (Metrobali.com)-

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) adalah hari yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia setiap tanggal 2 Mei, untuk memperingati kelahiran dan menghormati jasa Ki Hadjar Dewantara.

Dalam menyambut Hardiknas di tahun 2021 ini, DPC Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Denpasar Selatan memberikan kursus bahasa Inggris gratis untuk anak-anak.

Kegiatan ini dikoordinir oleh Bro Made Hartawan (Ketua DPRt PSI Sidakarya) bersama Sis Ayu Candrawati (Bendahara DPRt PSI Sidakarya) dan didukung oleh seluruh pengurus dan seksi PSI se Denpasar Selatan.

Acara ini mengambil tempat di lembaga pelatihan kerja The Laguna College di jl Dewata 27C Sidakarya, Denpasar Selatan, yang dikelola oleh Bro Made Hartawan.

Kursus ini melibatkan Ni Putu Pramita Dewi, seorang guru privat bahasa Inggris, dan juga beberapa pengurus yang memiliki pengalaman mengajar bahasa Inggris yaitu Sis Astrika (Seksi Pemberdayaan Wanita dan Anak), Sis Diah S Rahayu (Bendahara DPRt PSI Pedungan), dan Bro Gede Yannik Widhiasmara (Ketua DPRt PSI Pemogan).

Diikuti oleh 30 siswa, kelas dibagi menjadi 3 kelompok, kelas 1 – 3 SD dipandu oleh Sis Astrika dan Bro Gede Yannik, kelas 4 – 6 SD dipandu oleh Sis Pramita, dan Kelas 7 – 8 dibimbing oleh sis Diah.

Bro Made Hartawan memaparkan, dengan diadakannya kursus ini, PSI Denpasar Selatan mengajak siswa siswi untuk memanfaatkan waktu luangnya secara efektif dengan belajar bahasa Inggris menggunakan metode yang atraktif dan menyenangkan.

“Anak kelas 1 – 3  kami berikan pelajaran mengenal warna dan mewarnai, juga gerak dan lagu. Anak – anak kelas 4 – 6 ditanamkan kepercayaan diri dalam memperkenalkan diri dan pergaulan sehingga mereka bisa lebih percaya diri dalam berbincang menggunakan bahasa Inggris. Dan anak kelas 7 – 8 belajar tentang perkenalan, musim, dan pohon keluarga,” terang Bro Hartawan.

Baca Juga :
Wapres Ma'ruf Amin : Selama Musim Baru Liga 1 2020, Kita Ciptakan Sepak Bola yang Berakhlakul Karimah

Sis Astrika menambahkan, kursus ini bertujuan untuk membantu anak – anak untuk lebih menyukai pelajaran bahasa Inggris mengingat bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang penting untuk dikuasai.

Tidak lupa para pengurus juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti pengecekan suhu tubuh, menjaga jarak, dan pemakaian hand sanitizer. Setiap siswa juga diberikan sertifikat peserta dan paket merchandise berupa buku dan alat tulis seusai belajar.

“Anak – anak sangat menikmati waktu belajarnya karena kami menggunakan metode belajar yang santai dan diselingi dengan kegiatan  mewarnai, menyanyi sambil memperagakan gerakan dengan menirukan materi yang diberikan secara audio visual,” papar Sis Astrika.

Acara ini mendapat sambutan dan dukungan yang hangat dari warga sekitar tempat dilaksanakannya acara, ditunjukkan dengan antusiasnya para orang tua siswa mengantarkan anak – anak mereka ke acara dan mereka berharap akan ada kelanjutan dari acara yang positif ini,” kata wanita yang akrab disapa Sis Tika ini di akhir wawancara. (wid)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.