MetroBali

Selangkah Lebih Awal

Obor Asian Games 2018 akan dibawa berlayar KRI Dewaruci

KRI Dewaruci dalam satu pelayaran. Kapal layar tiang tinggi kelas Barkentin tiga tiang ini adalah satu-satunya yang masih bertahan di antara tiga kapal identik yang dibangun galangan kapal Stulcken und Sohns, Hamburg, Jerman (Barat), pada 1952. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Jakarta (Metrobali.com)-

Obor Asian Games 2018 akan menempuh rute sejauh 19.000 km selama berada di Indonesia. Jarak sejauh itu akan ditempuh melalui udara, darat, dan laut. Di Makassar, obor Asian Games 2018 itu akan dibawa berlayar di geladak kapal latih tiang tinggi legendaris TNI AL, KRI Dewaruci.

Mengutip keterangan Dinas Penerangan Pangkalan Utama TNI AL VI/Makassar, Jumat, prosesi khusus ini diawali dari laut, yakni berlayar menggunakan KRI Dewaruci yang sarat dengan prestasi dunia, menuju dermaga layang Markas Komando Pangkalan Utama TNI AL VI/Makassar.

Selanjutnya KRI Dewaruci –kapal layar tiang tinggi kelas Barkentin tiga tiang– akan membawa api obor Asian Games 2018  berlayar di perairan Makassar.

“Obor Asian Games ini akan berlayar menggunakan KRI Dewaruci dari perairan kota Makassar menuju dermaga layang Markas Komando Pangkalan Utama TNI AL VI/Makassar dan pimpinan TNI AL akan hadir dalam prosesi ini,” ujar Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI/Makassar, Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono.

Dia bilang, ini adalah peristiwa sangat langka dan bersejarah, sehingga masyarakat yang ingin melihat peristiwa bersejarah ini dipersilakan datang ke Markas Komando Pangkalan Utama TNI AL VI/Makassar.

“Pada hari itu Lantamal VI akan dibuka untuk umum, memberi kesempatan kepada masyarakat kota Makassar untuk masuk ke Markas Lantamal VI dan KRI Dewaruci saat itu membuka kapal setelah sandar di dermaga layang Pangkalan Utama TNI AL VI/Makassar,” kata dia.

Baca Juga :
Siaran Periscope Langsung dari Aplikasi Twitter

“Bagi masyarakat yang ingin menjelajah di atas KRI Dewaruci dipersilakan naik di atas kapal,” kata dia.

Pelayaran jarak pendek istimewa dan khusus KRI Dewaruci itu akan dikawal secara khusus pula, melibatkan beberapa kapal perang TNI AL yang ada di sana, perahu karet sea raider, perahu tradisional, hingga jet ski para penggemar olahraga bahari di sana. Sumber : Antara