2.Bali-Mandara-Jalan-Tol-Terindah-di-Indonesia2

Denpasar (Metrobali.com)-

PT Jasamarga Bali Tol akan menutup sementara Tol Bali Mandara selama 34 jam serangkaian Hari Raya Nyepi mulai Minggu (30/3) pukul 22.00 Wita hingga Selasa (1/4) pukul 08.00 Wita.

“Berdasarkan Surat Edaran Gubernur Bali dan izin dari Menteri Pekerjaan Umum, maka dalam rangka Nyepi, tol Bali Mandara ditutup sementara,” kata Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol, Akhmad Tito Karim, kepada wartawan di Denpasar, Kamis (27/3).

Menurut dia, penutupan tol pada jam lebih awal itu dengan pertimbangan melihat aktivitas pergerakan kendaraan di jalan bebas hambatan itu.

Sedangkan pembukaan tol lebih lama yakni pada pukul 08.00 Wita, kata dia, karena petugas memerlukan persiapan untuk menghidupkan beberapa instrumen tol yang diperkirakan paling lama sekitar dua jam.

“Tetapi itu juga melihat situasi. Kalau lebih cepat, bisa dibuka setelah satu jam dari jam 06.00 Wita saat Nyepi berakhir,” ucapnya.

Dia menambahkan bahwa meski ditutup total namun untuk kondisi darurat, pihaknya memberikan toleransi dengan melakukan koordinasi dengan petugas setempat yang melakukan monitor.

Sebelumnya Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengeluarkan Surat Edaran Nomor 003.1/6853/BKD pada 25 November 2013 perihal hari libur nasional, cuti bersama dan dispensasi hari raya suci Hindu pada tahun 2014.

Surat itu kemudian ditindaklanjuti dengan mengajukan izin kepada Menteri Pekerjaan Umum pada 13 Februari 2014 terkait penutupan sementara tol dan telah disetujui pada 24 Maret 2014.

Penutupan selama 34 jam itu, lanjut Tito, pihaknya memperkirakan potensi kehilangan pendapatan mencapai sekitar Rp275 juta.

“Tetapi itu bukan kerugian karena ini dalam situasi hari raya, ” katanya.

Tol Bali Mandara yang dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 23 September 2013 itu memiliki panjang sekitar 13 kilometer yang menghubungkan Benoa-Ngurah Rai-Nusa Dua, membelah perairan selatan Bali dengan pemandangan hutan mangrove. AN-MB

Baca Juga :
Sosialisasikan Protokol Normal Baru, Bupati Artha Ajak Tingkatkan Kewaspadaan