Mangupura (Metrobali.com)-

Untuk membina dan mengembangkan penghayatan kode kehormatan yang berupa Janji Trisatya dan Dasadarma Pramuka, serta memupuk persaudaraan dan persatuan dikalangan para Pramuka Penggalang, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Badung menyelenggarakan Lomba Tingkat (LT) III Regu Pramuka Penggalang Kwartir Cabang Badung, Kamis (10/11). Upacara pembukaan lomba dipusatkan di Lapangan Parkir Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Sudikerta selaku Ketua Kwartir Cabang Badung ditandai dengan pemukulan kendi. Hadir pada kesempatan tersebut Anggota DPRD Badung Drs. I Wayan Reta, SH.,MM, Kadis Pendidikan Kabupaten Badung Drs. I Ketut Widia Astika, MM.

Wabup. Sudikerta dalam sambutannya mengatakan LT III Regu Pramuka Penggalang merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas pramuka penggalang karena sarat dengan nilai-nilai pendidikan dan pembinaan watak bagi pramuka penggalang terutama agar peserta didik sejak dini dibiasakan untuk bersaing secara sehat menurut aturan yang ditetapkan dan mampu membuang jauh-jauh perilaku tujuan menghalalkan segala cara dan mental menerobos.

Sudikerta mengharapkan agar para peserta didik yang masih murni jiwa dan semangatnya ini jangan dikorbankan oleh siapapun, untuk tujuan pendidikan di dalam kepramukaan itu sendiri, karena lomba regu pramuka penggalang merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan kepramukaan, bukan tujuan pendidikan kepramukaan. Sedangkan tujuan pendidikan kepramukaan adalah membentuk watak/moral/budi pekerti pramuka.

Sementara itu    Ketua Panitia I Wayan Sukarta melaporkan kegiatan LT III Regu Penggalang Kwartir Cabang Badung diselenggarakan setiap 3 tahun sekali. Lomba ini merupakan pertemuan regu-regu pramuka penggalang dari suatu satuan Pramuka atau dari berbagai satuan Pramuka dengan acara kegiatan kreatif, rekreatif, dan edukatif dalam bentuk perlombaan yang berlandaskan metodik pendidikan kepramukaan dan digunakan untuk mengevaluasi serta meningkatkan kecakapan dan kemampuan para Pramuka Penggalang. Lomba yang bertemakan “Dibawah Sang Saka Merah Putih Kita Berlatih dan Berkarya dengan Bersuluh Satya dan Dharma Pramuka” dilaksanakan selama 4 hari mulai dari tanggal 9-12 Nopember 2011 bertempat di lapangan parkir Puspem Badung. Peserta lomba berasal dari masing-masing kwartir ranting mengirim satu regu putra dan putri sebagai regu berprestasi tinggi/juara 1 di rantingnya sehingga total peserta berjumlah 96 orang.

Baca Juga :
Wakil Bupati Badung Suiasa Lepas Kontingen Kemah Budaya Badung