Kondisi di Pelabuhan Gilimanuk lengang sekitar pukul 13.00 Wita

Kondisi di Pelabuhan Gilimanuk lengang sekitar pukul 13.00 Wita

Jembrana (Metrobali.com)-

Memasuki H-4 Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk, Jembrana pada siang hari sepi dari pemudik.

Informasi dari beberapa pedagang, pemudik baru ramai dan memenuhi tenda mulai sore dan malam hari, bahkan pagi hari menimbulkan antrian panjang hingga Gelung Kori atau sekitar 2 kilometer dari Pelabuhan Gilimanuk.

“Mungkin mereka sengaja memilih mudik sore supaya tidak kepanasan” ujar salah seorang pedagang diseputaran Gilimanuk, Rabu (21/6).

Pedagang lainnya mengatakan antrian sepeda motor sempat terjadi pada malam hari sampai pagi hari. Bahkan memenuhi tenda ASDP yang dipasang di depan pertokoan Manuver hingga pertigaan Manuver, namun menjelang siang sudah habis.

Disisi lain, Setiawan (40) dari Banyuwangi mengatakan untuk masuk areal parkir pelabuhan ia harus antri hingga 6 jam.  

“Saya sampai di Tugu Naga (Gelung Kori) jam 6 pagi. Sekarang masih parkir disini (areal dalam parkir pelabuhan). Ini sudah jam 12.00, tapi belum masuk kapal” ujar Setiawan yang mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Hal sama dikatakan Yayat (28) sopir mobil travel W 7238 X dari Bondowoso, Jawa Timur. Ia mengaku tiba di Gelung Kori sekitar pukul 5 pagi dan hingga jam 12.00 Wita masih parkir di areal Pelabuhan Gilimanuk.

Pengamatan Rabu (21/6), antrian roda dua pada pukul 09.00 Wita sampai di depan Pasar Gilimanuk, sedangkan roda empat hingga di depan pintu masuk terminal lama. Namun sekitar pukul 10.30 Wita antrian sudah mencair.

Bahkan sekitar pukul 13.00 Wita tenda ASDP yang dipasang disepanjang pertokoan maneuver Gilimanuk hingga pertigaan manuver Gilimanuk sudah lengang.

Sementara data di ASDP Gilimanuk, penumpang yang sudah diseberangka pada H-5 mencapai 47.477 orang, turun dari tahun lalu 63.717 orang penumpang, sedangkan roda dua (R2) sebanyak 9.590 unit, turun dari tahun lalu sebanyak 13.952 unit dan roda empat (R4) sebanyak 5.226 unit, juga turun dari tahun lalu sebanyak 6.405 unit. MT-MB

Baca Juga :
Pasinteldim 1609/Buleleng Bertemu Wartawan