Foto: Hasil sementara polling Pilgub Bali 2024 di Website Kabar Bali Satu (KBS).

Denpasar (Metrobali.com)-

Gubernur Bali Dr. Ir. I Wayan Koster, M.M. (Koster Bali Satu-KBS) terus mendapatkan dukungan untuk kembali menjadi Gubernur Bali dua periode pada Pilgub Bali 2024 mendatang. Namun tidak hanya kepada Koster, publik juga menaruh harapan dan memberikan dukungan kepada Nyoman Giri Prasta (GP) S.Sos., untuk menjadi Bali Satu di 2024.

Dukungan ini juga tergambar dalam polling Pilgub Bali 2024 yang dibuat oleh situs Kabar Bali Satu atau KBS (kabarbalisatu.com). Menariknya kandidat Gubernur Bali 2024 dalam polling ini  didominasi oleh calon-calon kuat dari PDI Perjuangan dalam urutan lima besar dari 11 nama tokoh yang masuk dalam polling. Selain Koster yang juga merupakan Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, peringkat 2 sampai 5 diisi oleh kader partai berlambang banteng bermoncong putih itu.

Berdasarkan hasil polling Kabar Bali Satu per tanggal 26 Mei 2022 pukul 12.30 Wita, Gubernur Koster berada di puncak polling dengan raihan vote suara 23.973 (14,67%). Giri Prasta menempel ketat Koster di urutan kedua dengan raihan suara 19.952 (12,21%). Bupati Badung ini diketahui memang punya basis masa yang cukup kuat dan pendukung fanatik.

Di posisi ketiga hingga kelima masih dihuni kader PDI Perjuangan secara berurutan dan juga bersaing sangat ketat yakni Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara, S.E. (Jaya Negara) dengan 17.975 suara (11,00 %), Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Dapil Bali 5 periode Drs. I Made Urip, M.Si. (Urip) dengan 17,629 suara (10,79%) dan Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra, SST.Par., M.A.P. (Agus Mahayastra) dengan 17.525 suara (10,73 %).

Baca Juga :
Pangeran dari Saudi sebut Donald Trump aib bagi Amerika

Selanjutnya di posisinya keenam ada nama tokoh independen (non kader partai politik) asal Puri Tegal Denpasar Pemecutan yakni Dr. Anak Agung Ngurah Manik Danendra, S.H., M.H., M.Kn. (AMD) yang mendapatkan suara pilihan dalam poling ini sebesar 17.501 (10,71 %). AMD terlihat menempel ketat Agus Mahayatra dan juga jauh unggul di atas dua nama tokoh independen lainnya yakni Anggota DPD RI dari Bali Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III, S.E.,M.Thru.,M.Si. (AWK) di posisi ke-8 dengan suara 10.652 (6,52 %) dan Mantan Walikota Denpasar dua periode Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, S.E., M.Si. (Rai Mantra) di urutan ke-9 dengan hanya 10.264 suara (6,28 %).

Untuk posisi ke-7 ditempati kader senior Golkar dan juga Anggota Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih, S.E.,M.AP (GSL-Demer). Anggota Komisi DPR RI 4 periode ini memperoleh vote suara 11.875 (7,27%). Selanjutnya untuk posisi nomor 10 ada nama Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Gede Pasek Suardika, S.H., M.H. (GPS) dengan suara 8.097 (4,96 %). Di urutan terakhir ada nama Anggota Komisi II DPR RI Fraksi Golkar Dapil Bali Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra, S.H.,M.H.,M.Kn. (Gus Adhi) dengan raihan suara 7.954 suara (4,87 %).

Dalam Polling dari Kabar Bali Satu ini jelas terlihat kader-kader PDI Perjuangan mendominasi dan bersaing ketat mendapatkan dukungan masyarakat Bali. Dari tokoh-tokoh independen yang masuk 10 besar polling adalah AWK, Rai Mantra, dan AMD. menariknya AMD bisa mengungguli AWK dan Rai Mantra.

Polling dari Kabar Bali Satu ini masih terus berlangsung dan masyarakat Bali bisa memberikan pilihannya dengan mengklik nama tokoh calon gubernur jagoannya dan pilih vote pada link https://kabarbalisatu.com/polling/. (ana)

Baca Juga :
Tekan Kasus DBD, Denpasar Laksanakan Fogging Serentak