Buleleng (Metrobali.com)-

KONI Buleleng secara bulat mendukung I Gusti Ngurah Oka Darmawan untuk menjadi Ketua Umum KONI Bali periode 2022-2026.

Sebagai pembuktian dukungan, Ketua Umum KONI Buleleng, I Ketut Wiratmaja telah menyerahkan surat dukungan resmi kepada I Gusti Ngurah Oka Darmawan yang dilakukan setelah Pelantikan Pengurus Provinsi Perbasi Bali periode 2021-2025 di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Badung, Minggu 6 Maret 2022.

Oka Darmawan yang saat ini masih menjabat Sekretaris Umum KONI Bali juga sudah menyatakan tekad yang bulat siap memimpin KONI Bali kedepan.

Wiratmaja menyatakan ada beberapa alasan logis sehingga KONI Buleleng menyatakan arah dukungan untuk Oka Darmawan. Diantaranya, Oka Darmawan adalah orang independen atau non partisan partai politik.

Dia juga dinilai cukup profesional karena sudah berpengalaman dalam manajemen keolahragaan. Pengalaman Oka tidak diragukan dalam bidang olahraga karena sempat memimpin sejumlah organisasi keolahragaan dari beberapa cabang olahraga di Bali.

Selain itu, Oka juga mempunyai akses langsung kepada pemerintah, dalam hal ini Gubernur Bali, Wayan Koster sehingga akan lebih memudahkan komunikasi dalam memajukan olahraga serta mempermudah dalam melakukan lobi anggaran untuk pemanfataan kegiatan keolahragaan di Bali. Saat ini, KONI Provinsi Bali dan kabupaten/kota masih mengandalkan dana hibah dari pemerintah.

“Dan yang terpenting lagi bagi Buleleng, Beliau adalah Nyama Gelah, Putra asli Buleleng dari Puri Sukasada.” terang Wiratmaja.

I Gusti Ngurah Oka Darmawan sudah cukup populer dalam dunia olahraga di Bali. Dia cukup berpengalaman mengelola organisasi keolahragaan. Dia pernah menjadi Wakil Ketua KONI Kabupaten Badung.

Di kepengerusuan KONI Bali, Oka aktif dalam tiga periode kepengurusan, dengan lebih awal menjadi Ketua Bidang Organisasi KONI Bali. Di era kepemimpinan Ketut Suwandi selama dua periode, Oka Darmawan pernah didapuk sebagai Wakil Ketua dan saat ini masih aktif sebagai Sekretaris Umum KONI Bali.

Baca Juga :
How To Write An Ap Lit Essay Secrets - The Options

Oka juga pernah menjabat Ketua Pengrpov Perbasi Bali selama dua periode, 2013-2017 dan 2017-2021. Masa kepemimpinan Oka di Perbasi Bali di periode kedua mampu mencatatkan prestasi olahraga Basket Bali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021. Tim Basket Bali mampu meraih dua medali perak kala laga PON Papua itu. Kepemimpinan Oka Darmawan di Perbasi Bali kini sudah digantikan I Wayan Adi Arnawa yang juga Sekda Kabupaten Badung.

Saat ini, sudah ada sejumlah organisasi keolahragaan dari kepengurusan provinsi serta beberapa pengurus KONI di daerah telah menyatakan dukungan kepada Oka Darmawan, satu diantaranya KONI Buleleng.

“Jadi Saya siap untuk maju menjadi Ketua KONI Bali,” kata Oka Darmawan.

Namun Oka tetap akan mengedepankan tahapan-tahapan sesuai aturan Musyawarah Olahraga Provinsi KONI Bali.

Oka berharap, siapapun yang menjadi pemenang tetap yang utama mampu membangun sinergitas lembaga keolahragaan di Bali untuk memajukan dunia olahraga di Bali.

 

Pewarta : Gus Sadarsana