Mataram (Metrobali.com)-

Walikota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra,  Sabtu (30/6) kemarin di Eks Bandara Selaparang Mataram Nusa Tenggara Barat  pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XIX  tingkat nasional di kembali dianugrahi penghargaan tingkat nasional.

Penghargaan kali ini berupa Tanda Kehormatan “ Satya Lencana Wira Karya “ dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono atas suksesnya dalam pembangunan  kesejahteraan keluarga dan kependudukan   sehingga program KB dan Pembangunan Keluarga Sejahtera di Kota Denpasar  berjalan dengan sukses. Selain itu Rai Mantra  memiliki kepemimpinan yang menonjol dalam menggerakkan potensi masyarakat di Kota Denpasar. Seperti aktif dalam mendukung kegiatan meningkatkan potensi anak serta mendukung keberhasilan program KB Nasional di Kota Denpasar. Penyematan Satya Lencana ini dilakukan  oleh Wakil Presiden RI Boediono.

Penerimaan Satya Lencana Wira Karya merupakan penghargaan tertinggi bidang pembanguanan Keluarga Berencana (KB) dan Kependudukan yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI Boediono kepada Gubernur, Bupati/Walikota yang dinilai berhasil dan mempunyai komitmen yang tinggi dibidang pembangunan kesejahteraan keluarga.

Walikota Rai Mantra yang ditemui usai menerima anugrah Satya Lencana  Wira Karya mengatakan,  atas prestasi ini kami  mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam mensukseskan program pemerintah khususnya Program KB di Kota Denpasar. “Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, karena tanpa dukungan dari masyarakat hal ini tidak dapat terwujud. Melalui kesempatan ini kami  mengajak masyarakat  untuk selalu berpartisipasi aktif dalam mendukung program-program Pemerintah Daerah, karena pada hakekatnya program dari Pemerintah Kota Denpasar  bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat dan membawa kemajuan untuk Kota Denpasar,” kata Rai Mantra.

Ditambahkan keberhasilan ini tak lepas dari pembinaan  panjang, dengan berbagai  aktivitas yang    menyasar semua strata masyarakat Kota Denpaasar,   juga ekstra perhatian  terhadap kelembagaan yang terus melaksanakan secara nyata  program KB dan kependudukan baik di tingakat kecamatan berlanjut di Tingkat Desa dan Banjar, tak kalah pentingnya  adanya Perda yang telah ditetapkan berkaitan dengan program KB dan Kependudukan.

Baca Juga :
Tuan Rumah Piala Dunia Brazil Naik Lagi Ke Peringkat 10

Selain itu, pada kesempatan tersebut duta Kota Denpasar yakni Ni Pt  Asteria Yuniari juga berhasil meraih penghargaan sebagai Putri Genre Tingkat   Nasional. Atas keberhasilan tersebut Yuniari mendapatkan piala dari Ibu Negara Ani Susilo Bambang Yudhoyono, yang diserahkan oleh Ny. Herawati Boediono.

Sementara itu Wapres Boediono menekankan pentingnya membangun kemandirian keluarga. “Mengapa kita peringati hari keluarga. Sebab kita menempatkan keluarga pada posisi strategis dalam membangun bangsa. Keluarga adalah penentu kualitas bangsa. Keluarga yang sehat dan sejahtera adalah prasyarat negara yang sejahtera,” kata Wapres.

Menurut Wapres, keluarga yang cerdas, juga landasan bagi bangsa yang cerdas. Dari keluarga seperti itulah akan lahir para pemimpin-pemimpin bangsa yang handal.
“Dalam keluarga pula akan dibentuk karakter dasar manusia, generasi penerus bangsa. Keluarga membangun kualitas manusia, bukan cuma kesehatan tapi keterampilan dan juga karakter,” kata Wapres. DEWA-MB