Amlapura, (Metrobali.com)

Komisi tiga DPRD Karangasem Senin (29/8/2022) melakukan monitoring ke obyek wisata Tirta Gangga, Karangasem. Monitoring ini dipimpin langsung ketua komisi III I Wayan Sunarta. Kedatangan DPRD Karangasem adalah untuk melihat potensi obyak wisata di Karangasem yang kemungkinan bisa diajak kerjasama untuk mendongkrak PAD Bumi Lahar.

 

Ini juga bagian dari upaya wakil rakyat bersama dengan eksekutif untuk mendata sekaligus mengandeng mereka untuk bersama sama membangun Karangasem.

 

Saat ini daerah tujuan wisata Tirta Gangga baru memberikan kontribusi PAD dari pajak hotel dan restoran, pajak parkir dan retribusi.

 

Saat ini kunjungan ke Tirta Gangga mulai ramai setelah sempat drop saat Pandemi covid dan juga erupsi gunung agung lalu. Kunjungan saat ini rata rata 1000 orang per hari. Sementara harga tiket di Tirta Gangga untuk wisman 50 ribu per orang, wisdom 25 ribu dan anak anak 15 ribu. Sementara untuk balita gratis alias tidak dikenakan tiket.

 

Wayan Sunarta berharap nantinya Tirta Gangga bisa bekerja sama dengan pemkab karangasem. Sehingga pemerintah juga bisa memberikan fasilitas yang masih kurang disana. “Kami datang juga untuk mengecek kondisi di Tirta Gangga, termasuk apa yang bisa dilakukan pemerintah untuk meningkatkan pelayanan,” ujar Sunarta.

 

Sementara itu pengelola Tirta Gangga A A Salya mengaku siap bekerja sama dengan pemerintah. Ini sesuai dengan UU no 1 tahun 2022.

 

Sementara pihak Tirta Gangga berharap agar pemerintah bisa menyediakan beberapa fasilitas untuk keselamatan dan kenyamanan pengunjung.

 

“Saya berharap bisa dibangun trotoar dan meluruskan jalan didepan Tirta Gangga,” ujarnya.  (RED-MB)

Baca Juga :
Hut Bhayangkara ke-74, Polres Jembrana Gelar Lomba Puisi