Foto: Kuliah umum kerja sama antara Fakultas Peternakan Universitas Udayana dengan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara bertempat di Gedung AA lt. 3 Fakultas Peternakan Universitas Udayana, Jimbaran, Badung.

Jimbaran (Metrobali.com)-

Selasa, 16 Agustus 2022 tidak hanya menjadi pelaksanaan penandatanganan perjanjian kerja sama tetapi juga berlangsung kegiatan kuliah umum sebagai awal kerja sama antara Fakultas Peternakan Universitas Udayana dengan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara. Bertempat di Gedung AA lt. 3 Fakultas Peternakan Universitas Udayana, Jimbaran, Badung, pelaksanaan kuliah umum dihadiri oleh seluruh jajaran pimpinan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara dan Fakultas Peternakan Universitas Udayana serta mahasiswa S1, S2, S3 Fakultas Peternakan Universitas Udayana sebagai peserta kuliah umum.

Topik yang diangkat dalam kegiatan kuliah umum ini bertajuk “Integrasi Peternakan dengan Perkebunan sebagai Keunggulan Lokal di Sumatera Utara”, yang disampaikan oleh Dr. Ir. Ma’ruf Tafsin, M.Si., Ketua Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara. Dalam topik yang disampaikan, Dr. Ma’ruf menyampaikan bahwa “potensi lahan di Sumatera Utara untuk dimanfaatkan sebagai sentra sapi potong masih cukup tinggi, tetapi membutuhkan kerja sama oleh seluruh pihak khususnya pemerintah, pemilik lahan perkebunan, masyarakat terutama peternak, dan lulusan sarjana peternakan yang mau untuk membangun negeri bersama-sama untuk mencapai sustainabilitas”.

Dalam kegiatan diskusi yang dilakukan dijelaskan juga bahwa “pemanfaatan lahan seperti di Sumatera Utara yang sebagian besar adalah perkebunan sawit dan karet menunjukkan respon positif dimana dengan manajemen pengintegrasian sawit-sapi yang tepat, produktivitas ternak dapat dioptimalkan tanpa mengganggu lahan perkebunan yang ada”. Acara kuliah umum ini selanjutnya diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada narasumber dan moderator.(rls)

Sumber: https://www.unud.ac.id/

Baca Juga :
Langkah Terpadu Pusat dan Daerah Tangani Penyebaran Virus Korona