Denpasar (Mertrobali.com)-

Generasi muda memegang peranan penting dalam kemajuan masa depan bangsa. Namun keberadaan generasi muda saat ini sangatlah dimanjakan dengan fasilitas. Generasi muda juga lebih memilih mall (pusat perbelanjaan) sebagai tempat rekreasi utama, sehingga pola hidupnya pun cenderung konsumtif dan kurang perhatian terhadap lingkungan.
Demikian dikatakan Ketua Umum DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bali Nyoman Gde Antaguna, S.E., S.H., M.H. saat memaparkan kirab bendera Merah Putih keliling Bali, di Denpasar, Jumat (5/8) usai beraudensi dengan Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra di ruang kerjanya. Antaguna saat itu didampingi Sekum DPD KNPI Bali A.A. Eka Kusumawati, S.H., Wakil Ketua Organisasi DPD KNPI Bali I Dewa Agung Gde Lidartawan, STP., MP., Ketua Panitia Kirab Bendera IGAA Inda Garritt dan Sekretaris Panitia Kirab Bendera Cokorda Putra Indrayana, S.Sos.
Dengan dimanjakan fasilitas membuat para penerus bangsa ini seakan terlena dengan dunianya sendiri. ”Mereka juga seolah-olah lupa untuk melanjutkan perjuangan, mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai luhur berupa empat pilar kebangsaan (Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 45) yang diwariskan oleh para pejuang bangsa,” paparnya.
Karena itu, kata Antaguna, dalam rangka memperingati HUT ke-66 Kemerdekaan RI dan HUT Provinsi Bali, DPD KNPI Bali merasa terpanggil memprakarsai suatu kegiatan kirab bendera. Hal ini bertujuan agar dapat menggerakkan para pemuda. Di samping membangkitkan kembali rasa nasionalisme dan bangga menjadi pemuda Indonesia. ”Tentunya sekaligus dapat mempererat tali persaudaraan di antara pemuda yang tersebar di seluruh kabupaten di Bali,” terangnya.
Inda Garritt menambahkan, kirab bendera Merah Putih ini akan diawali Senin (8/8) di Lapangan Astina, Gianyar. Dengan 17 bendera Merah Putih, 1 bendera pusaka dan 1 bendera KNPI selanjutnya diarak menuju Gianyar, Bangli, Klungkung, Karangasem, Buleleng, Jembrana, Tabanan, Badung dan berakhir di Denpasar, Selasa (16/8) mendatang. ”Bendera-bendera dalam kirab tersebut diusung oleh 17 orang dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI), 8 orang dari KNPI dan 45 orang dari unsur siswa maupun Pramuka,” ungkapnya. Sementara penyambutan dari pemuda dan masyarakat di masing-masing kabupaten/kota yang disinggahi kirab bendera ini, kata Cokorda Putra Indrayana, akan dinilai dan dilombakan.
Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra menyambut baik kegiatan bendera keliling tersebut. Hal ini untuk membangkitkan kembali rasa nasionalisme di masyarakat terutama generasi muda.

Baca Juga :
Presiden Berharap Aliansi Peradaban Hasilkan Komitmen Toleransi