Foto: Kegiatan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang dilaksanakan di Desa Saba, Kabupaten Gianyar.

Denpasar (Metrobali.com)-

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana ikut serta menjadi relawan dalam kegiatan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang dilaksanakan di Desa Saba, Kabupaten Gianyar selama 2 hari, yaitu pada hari Kamis (21/7) dan hari Jumat (22/7). Kegiatan ini merupakan rangkaian tindakan pencegahan dari penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku yang sedang terjadi di Indonesia.

Kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan bersama dengan pihak Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar yang diwakili oleh Drh. I Nyoman Arya Dharma selaku Kepala UPTD PUSKESWAN III Kab. Gianyar; perwakilan Perbekel Desa Saba, serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Saba Kabupaten Gianyar. Melalui kegiatan vaksinasi ini, diharapkan dapat meminimalisir adanya penularan PMK pada hewan ternak khususnya hewan ternak yang ada di Desa Saba. Selain itu, kegiatan ini juga sekaligus memberikan pemahaman dan edukasi kepada para peternak di Desa Saba terkait dengan Penyakit Mulut dan Kuku.

Kegiatan hari pertama dilaksanakan di beberapa banjar di Desa Saba, seperti Banjar Pinda, Banjar Banda dan Banjar Saba. Kegiatan diawali dengan briefing dan juga pembagian tim. Setiap tim terdiri dari seorang dokter hewan dari pihak Dinas Pertanian dan dibantu oleh beberapa orang mahasiwa FKH Udayana. Dalam satu hari, pihak dinas menargetkan sebanyak 100 ekor hewan sudah diberikan vaksinasi. Hari kedua juga dilaksanakan serupa dengan sasaran ke beberapa banjar yang belum tervaksinasi di hari pertama, seperti Banjar Kawan, Banjar Sema, Banjar Tengah, Banjar Tegalulung dan Banjar Blangsinga.

Kegiatan ini disambut baik oleh seluruh perternak yang ada di Desa Saba. Para peternak merasa sangat senang karena mereka bisa mendapat vaksinasi secara gratis, mendapat informasi serta edukasi terkait dengan PMK. Hal ini juga dirasakan oleh para relawan yang merupakan mahasiswa dari FKH Udayana. Para relawan mendapat pengalaman yang sangat berharga karena mengikuti kegiatan ini. “Saya sangat senang mengikuti kegiatan ini, saya bisa langsung bertemu dengan para peternak dan ikut ambil andil dalam mencegah penyebaran PMK,” ucap I Dewa Ayu Diah Pradnya Pramita selaku mahasiswa yang menjadi relawan dalam kegiatan vaksinasi PMK di Desa Saba Kabupaten Gianyar ini. Selanjutnya rangkaian vaksinasi PMK ini akan dilanjutkan ke Desa Batuan Kaler, Desa Celuk, Desa Batubulan, dan juga desa-desa lainnya di Kabupaten Gianyar. (rls)

Baca Juga :
Bawaslu Jembrana Hentikan Laporan Warga Dauhwaru

Sumber: https://www.unud.ac.id/