Foto: Ketua DPW PSI Provinsi Bali Nengah Yasa Adi Susanto menyerahkan SK kepada pengurus bidang-bidang DPD PSI Kabupaten Jembrana dan pengurus DPRt PSI se-Kabupaten Jembrana pada Minggu (25/7/2022).

Jembrana (Metrobali.com)-

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Bali diyakini punya masa depan yang lebih cerah pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 mendatang dan manargetkan lompatan besar dalam hal raihan kursi legislatif baik untuk DPRD Kabupaten/Kota se-Bali maupun DPRD Bali hingga DPR RI.

Pada hasil Pileg 2019 lalu PSI hanya mampu merebut dua kursi di DPRD Denpasar dan satu kursi di DPRD Bali dapil Denpasar. Alhasil saat ini baru Denpasar yang menjadi lumbung kursi dari PSI di Bali.

Namun jelang Pileg 2024, PSI tentu sudah semakin kuat. Salah satu daerah yang juga diproyeksikan menjadi salah satu basis kekuatan PSI di Bali selain Kota Denpasar adalah Kabupaten Jembrana.

Di Gumi Makepung, PSI menargetkan minimal merebut empat kursi atau meraih satu fraksi. Optimisme itu tidaklah berlebih mengingat adanya lompatan besar kekuatan PSI di Jembrana dalam menghadapi Pileg 2024 dibandingkan dengan kondisi pada Pileg 2019 lalu.

“Untuk di Jembrana kami sangat optimis, bisa menjadi kantong suara dan lumbung kursi PSI di Bali. Kami menargetkan satu fraksi, minimal empat kursi di DPRD Jembarana,” kata Sekretaris DPW PSI Provinsi Bali Cokorda Dwi Satria Wibawa, dihubungi usai DPW PSI Bali menggelar Kopdarda (Kopi Darat Daerah) dengan jajaran pengurus DPD PSI Kabupaten Jembrana, Minggu (25/7/2022) di Vila Gelaran, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana.

Politisi muda PSI yang akrab disapa Cok Dwi itu juga menilai antusiasme tokoh-tokoh Jembrana mendaftar sebagai bakal caleg PSI juga terlihat jelas. “Kalau bicara Jembrana kami opitimis melihat antusias teman-teman daftar jadi bakal caleg dan ada beberapa tokoh yang akan merapat lagi,” tutur politisi muda PSI kelahiran Singaraja, 5 Agustus 1987 ini.

Baca Juga :
252 Kantor Dusun di Jembrana Segera Diperbaiki

Optimisme serupa disampaikan Ketua DPD PSI Kabupaten Jembrana Dewa Putu Oka Saputra.  “Kami PSI Jembrana optimis merebut satu fraksi, 4 kursi di DPRD Jembrana. Bakal caleg juga yakin masa depan PSI lebih cerah sehingga mereka antusias nyaleg dari PSI,” tegas Dewa Oka.

Empat jempol patut diberikan untuk DPD PSI Jembrana yang terlihat sangat serius dan solid untuk melengkapi struktur kepengurusan partai sampai ke tingkat desa.

Bahkan kepengurusan PSI di Jembrana sudah bisa dibilang full team, kepengurusan lengkap 100 persen dari tingkat DPD di Kabupaten, DPC (Dewan Pimpinan Cabang) di kecamatan sampai di tingkat desa atau DPRt (Dewan Pimpinan Ranting). Kepengurusan tingkat DPRt sudah terbentuk di 41 desa, 10 kelurahan se-Kabupaten Jembrana, tidak ada yang bolong alias sudah lengkap 100 persen.

Lengkapnya struktur kepengurusan PSI di Jembrana ini merupakan suatu capaian yang luar biasa jelang verifikasi partai politik (parpol) peserta Pileg 2024 dan suatu lompatan besar dibandingkan Pileg 2019 lalu dimana PSI di Jembarana tidak ada kepengurusannya sehingga tidak ikut dalam hajatan Pileg di Jembrana.

“Kepengurusan PSI di Jembrana sudah lengkap 100 persen sampai ke ranting. Jadi kami sudah full team dan ini berkat kerja keras dan keseriusan semua teman-teman pengurus dan kader PSI di Jembrana,” kata Dewa Oka.

Maka dengan lengkapnya struktur kepengurusan ini serta semua persyaratan verifikasi parpol, PSI Jembrana juga yakin lolos verifikasi dan bertarung merebut kursi legislatif di Pileg 2024 serta optimis bisa meraih minimal empat kursi sehingga bisa membentuk satu fraksi di DPRD Jembrana. (dan)