Denpasar (Metrobali.com)-

Kementerian Pekerjaan Umum saat ini tengah menggodok rencana pembangunan jalan tol yang menghubungkan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana dengan Kota Denpasar. Jalan tol ini diharapkan bisa mempercepat akses dari Kota Denpasar ke Bali bagian barat yang selama ini tertinggal dengan wilayah Bali selatan.
“Pembangunan jalan tol yang menghubungkan Gilimanuk dan Denpasar ini masih dalam proses studi dan perencanaan. Pembangunannya akan kita lakukan secara bertahap,” ujar Wakil Menteri Pekerjaan Umum, Dr Ahmad Hermanto Dardak,  di hotel Werdha Pura, Sanur, 14 Juni 2012.
Pembangunan jalan tol Gilimanuk-Denpasar ini, kata Hermanto, dalam rangka modernisasi infrastruktur jaringan jalan di Bali.
“Modernisasi memang memerlukan jalan ekspress dimana lahan dan jalannya kompatibel. Dengan adanya jalan tol ini, jarak tempuh dari Gilimanuk, Denpasar, menuju Padangbai akan bisa lebih cepat,” imbuhnya.
Selain pembangunan jalan tol Gilimanuk-Denpasar, Kementerian PU juga terus menata berbagai infrastruktur jalan di Bali seperti penataan jaringan jalan di wilayah Denpasar dan Badung.
“Kita rencanakan Denpasar ini sebagai bagian dari kawasan metropolitan dipadukan dengan Badung dan Kota lainnya. Dengan adanya perbaikan infrastruktur jalan ini kita harapkan akan bisa membuat Bali akan menjadi semakin menarik ke depannya. Penataan jaringan jalan di Bali ini juga untuk  mendukung pembanguan insfrastruktur pariwisata yang pesat di Bali,” paparnya. BOB-MB

Baca Juga :
Presiden Jokowi Bertolak ke Aceh