Klungkung (Metrobali.com)-

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta menghadiri acara Sosialisasi Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Melalui Program Kemitraan Usaha Peternakan Ayam Petelur & Penggemukan Babi yang bertempat di Wantilan Pura Dalem Ped Nusa Penida, Rabu (29/6). Sosialisasi ini diadakan oleh Koperasi Bina Usaha Kanuruhan bekerjasama dengan Yayasan Toya Nusa Abadi dengan peserta dari Perwakilan Pasemetonan Pratisentana Sira Arya Kanuruhan (PSAK) wilayah Kecamatan Nusa Penida.

Acara sosialisasi ini diawali dengan melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Dalem Ped, dan dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan kerjasama antara Koperasi Bina Usaha Kanuruhan diwakilkan oleh I Wayan Wiryawan dengan Yayasan Toya Nusa Abadi diwakilkan oleh Ketua Yayasan I Wayan Sukasta, dengan disaksikan oleh Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta.

I Wayan Wiryawan selaku pengurus utama Koperasi Bina Usaha Kanuruhan menyampaikan bahwa program kemitraan ini bertujuan untuk mengembangkan UMKM di pedesaan, pemberdayaan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat khususnya di pedesaan dari sektor non pariwisata. Melalui koperasi ini masyarakat selaku anggota koperasi yang memiliki peternakan, akan disuplai sarana produksi ternak baik bibit, pakan, obat, dll, beserta pendampingan secara teknis cara beternak yang baik oleh koperasi, dan hasil produksi ternak akan dibeli dan dipasarkan oleh koperasi. “Masyarakat yang menjadi peternak adalah anggota koperasi, sehingga hasil usaha koperasi dari masyarakat dan untuk masyarakat”ucap I Wayan Wiryawan.

Wabup Kasta dalam sambutannya sangat mengapresiasi adanya program pemberdayaan ekonomi masyarakat ini. “Terima kasih Koperasi Bina Usaha Kanuruhan sudah membawa program yang baik ini, semoga semeton-semeton di sini dapat bekerja sama dengan baik dalam mewujudkan program pemberdayaan ini, jika sinkron antara hulu dan hilir maka apapun usahanya akan berhasil, untuk pengolahan dan pemasarannya juga diselaraskan agar penjualan suatu produk mendapatkan keuntungan, tidak hanya berhenti di satu tahap saja”pesan Wabup Kasta.

Baca Juga :
Ekonom Sangsikan PMN Efektif Gerakan Ekonomi Rakyat

 

Sumber : Humas Pemkab Klungkung