Klungkung, (Metrobali.com)-

Ketika melaksanakan Car Free Day pada hari Minggu (8/3/2020), Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta menghadiri kegiatan Sosialisasi yang diadakan di Lapangan Puputan Klungkung.

Dalam kegiatan sosialisasi ini diisi oleh Kasatlantas Kepolisian Resort Klungkung AKP I Made Teja Dwi Permana, SH, SiK menyampaikan mengenai menciptakan keamanan, Keselamatan, ketertiban dalam berlalu lintas.

Dalam Sosialisasi tersebut AKP I Made Teja Dwi Permana menyampaikan bahwa sosialisasi ini merupakan bagian dari kerjasama antara Kepolisian Resort Klungkung dengan Pemkab mengenai menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dalam berlalu lintas di Kabupaten Klungkung terkait dengan larangan menggunakan kendaraan bermotor bagi Siswa SMP.

Hal ini dilakukan karena masih terdapat siswa SMP yang masih belum memenuhi syarat untuk menggunakan sepeda motor tetapi malah tetap menggunakan kendaraan bermotor.

AKP I Made Teja Dwi Permana, SH, SiK menyampaikan rasa terimakasih kepada Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta karena sudah mendukung keselamatan siswa SMP di Kabupaten Klungkung agar tidak menggunakan kendaraan bermotor ke sekolah.

AKP I Made Teja Dwi Permana , SH, SiK menyarankan agar para siswa SMP dapat memanfaatkan dengan baik Inovasi Pemkab Klungkung untuk berangkat ke Sekolah dan Pulang menuju rumah, inovasi tersebut antara lain adalah angkutan siswa gratis.

Dirinya menyampaikan manfaat lain dari angkutan siswa Gratis adalah mengurangi jumlah Polusi, para siswa juga dapat menggunakan inovasi dari Kepolisian Resort Klungkung yakni Transportasi Sehat merakyat (TSM) yakni dengan menggunakan sepeda atau berjalan kaki.

“jangan sampai, karena kecelakaan membuat cita-cita yang dimiliki oleh generasi muda Klungkung tidak tercapai”, ujarnya.

AKP I Made Teja Dwi Permana , SH, SiK menambahkan kepada Orang tua agar tidak menyarankan dan memperbolehkan anak-anaknya untuk menggunakan kendaraan bermotor, khususnya bagi anak-anaknya yang belum memiliki surat ijin mengemudi.

Baca Juga :
Kunjungan Kerja Gubernur Bali di Kabupaten Karangasem

Dirinya, mengharapkan program menciptakan  keamanan, Keselamatan, ketertiban dalam berlalu lintas dapat berjalan dengan sukses, untuk mengurangi  jumlah pelanggaran kendaraan bermotor yang disebabkan oleh anak-anak yang tidak mempunyai surat ijin mengemudi.

Sosialisasi kedua diisi Ketua BPS Kabupaten Klungkung Anak Agung Ayu raka Suarningsih yang berisi mengenai Pelaksanaan Sensus Penduduk Online 2020. Dalam sosialisasi tersebut, Anak Agung Ayu raka Suarningsih menyampaikan tentang tujuan sensus Penduduk 2020 untuk menghitung jumlah penduduk, karakteristik, distribusi, komposisi penduduk, menuju satu data kependudukan Indonesia.

Untuk di Kabupaten Klungkung Pihak BPS telah melakukan kerjasama dengan Dinas kependudukan dan Catatan Sipil untuk mendapatkan data dasar yang akan digunakan dalam melakukan sensus penduduk online tahun 2020. Anak Agung Ayu raka Suarningsih menerangkan Pelaksanaan sensus online kali ini memiliki tujuan untuk memudahkan masyarakat yang mempunyai mobilitas tinggi, untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya data yang dimasukan dalam melakukan sensus penduduk online 2020 yang nantinya akan digunakan oleh pemerintah baik pusat, maupun daerah dalam melakukan perencanaan pembangunan.

Untuk pelaksanaan Sensus penduduk 2020 ini dilakukan dengan dua cara yakni pertama Dengan cara online dengan mengunjungi halaman website sensus.bps.go.id yang sedang berlangsung dari tanggal 15 Februari sampai 31 maret 2020, kedua melalui wawancara atau door to door (offline) dimana petugas akan datang pada 1 hingga 21 Juli 2020.

Ketua BPS menjelaskan, Adapun beberapa hal yang harus disiapkan untuk ikut serta SPO, yakni Kartu Keluarga, KTP, Buku Nikah/Dokumen Cerai.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya menyampaikan Terkait penggunaan Kendaraan Bermotor, Pemkab Klungkung bahkan sudah mempunyai Program Inovasi Angkutan Siswa Gratis dalam rangka mensukseskan menciptakan keamanan, Keselamatan, ketertiban dalam berlalu lintas, walaupun hal tersebut baru bisa direalisasi di Kecamatan Klungkung saja dan kedepannya ketiga kecamatan lainnya akan segera mendapatkan layanan inovasi Angkutan Siswa Gratis.

Baca Juga :
Bupati Resmikan Bank Sampah dan Kawasan Bebas Sampah, Kantong Plastik di Kecamatan Petang

Bupati Suwirta meminta kepada para Orang tua agar menjaga anak-anaknya baik dari segi mental dan karakternya, dan para Guru untuk ikut mengawasi anak didiknya dengan baik.

Setelah melakukan Sosialisasi ini, Bupati Suwirta meminta kepada Satuan Polisi Pamong Praja untuk bekerjasama dengan Kasatlantas Polres Klungkung dalam menindaklanjuti apabila ditemukan anak SMP yang menggunakan Sepeda Motor.

Terkait Sensus Penduduk, Bupati Suwirta menyatakan Pembangunan akan berjalan dengan baik apabila perencanaannya baik,  perencanaan akan berjalan dnegan baik apabila terdapat data yang lengkap.

Bupati Suwirta menghimbau agar seluruh Masyarakat Klungkung dapat mengisi data pada Sensus penduduk Online 2020 yang sedang berlangsung. Karena Hal ini bertujuan untuk pembangunan yang lebih terencana dan lebih akurat.

“Mari laksanakan kedua arahan yang ada didalam sosialisasi tersebut, untuk menciptakan Indonesia, Bali dan Klungkung yang lebih baik,” ajak Bupati Suwirta kepada masyarakat Klungkung.

Pada akhir Kegiatan sosialisasi diisi dengan senam BPS yang diikuti oleh undangan dan masyarakat Klungkung. Bupati Suwirta dan Ny. Ayu Suwirta juga menyempatkan mengunjungi Fasilitas dari Mobil pelayanan Sim Mobil Keliiling milik kepolisian Resort Klungkung dan Mobil Keliling Program Caling Tanduk (Catatan Sipil Keliling dan Pendataan Penduduk) yang dimiliki Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung. Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala OPD, orang tua Siswa SMP dan Siswa SMP SeKlungkung daratan serta undangan terkait lainnya. (Humasklk/Cok).