Mangupura (Metrobali.com)-

Bertepatan Buda Wage Wuku Kelawu, Rabu (2/11)kemarin, krama Desa Adat Mengwitani Kecamatan Mengwi melaksanakan upacara Melaspas dan Mendem Pedagingan di Kantor Lembaga Perkreditan Desa (LPD) dan Balai Desa Adat Mengwitani. Upacara dipuput Ida Pedanda Giri Dwija Kemenuh dari Griya Kramas Jumpayah serta dihadiri Bupati Badung A.A Gde Agung, Camat Mengwi IB. Oka Dirga, Perbekel Desa Mengwitani, Kelian Desa Adat serta tokoh masyarakat setempat.

Bupati Gde Agung diberikan kehormatan untuk melakukan prosesi Mendem Pedagingan pada pelinggih di Kantor LPD, dilanjutkan meninjau Balai Desa  yang berada di lantai II. Pada kesempatan yang sama Gde Agung memberikan dana punia sebesar Rp. 20 juta yang diterima Ketua Panitia Pembangunan tahap II  Putu Sumardita dan menabung sebesar Rp. 1 juta sebagai tanda masuk anggota LPD yang diterima oleh Ketua LPD Ketut Gede Anom Sayoga.

Dalam sambutannya Gde Agung mengatakan, LPD merupakan salah satu sentra kegiatan dan pusat pengembangan ekonomi kemasyarakatan yang berada dalam lingkungan desa adat dan  mempunyai sistem berbeda dengan bank ataupun lembaga perkreditan lainnya karena ada sanksi sosial untuk krama yang ingkar akan kewajibannya membayar utang. LPD diharapkan dapat membantu perkembangan ekonomi masyarakat pedesaan sebagai dasar memperkokoh pembangunan ekonomi nasional.

Lebih lanjut ditekankan, agar pengurus LPD bekerja dengan tulus iklas, jujur dan adil, tidak pilih kasih dan profesional dimana bekerja sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga LPD. ”Jika telah bekerja sesuai aturan, niscaya LPD akan semakin berkembang dan keberadaannya semakin kokoh,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pembangunan Putu Sumardita mengatakan, pembangunan ini dilaksanakan secara bertahap. Tahap I pembangunan Kantor LPD dan tahap II pembangunan Balai Desa dan telah menghabiskan dana sebesar Rp. 1,2 milyar yang bersumber dari LPD dan Desa Adat Mengwitani. Salah satu tujuan pembangunan Kantor LPD ini agar masyarakat mempunyai kepercayaan terhadap LPD sehingga tidak ragu untuk menabung di LPD.

Baca Juga :
Bunda PAUD Apresiasi Anak Paud Ikuti Lomba Mewarnai