Foto: Kegiatan Rombongan Jurnal Agrotrop studi banding ke Universitas Sebelas Maret (UNS).

Surakarta (Metrobali.com)-

Pengelola Jurnal Agrotrop : Journal on Agriculture Science (Agrotrop) Fakultas Pertanian Universitas Udayana (FP Unud) melakukan studi banding bertujuan untuk meningkatkan akreditasi dengan meniru pengelolaan jurnal mengenai strategi mengelola jurnal terakreditasi Sinta 2 Jurnal Caraka Tani di Universitas Sebelas Maret (UNS) (03/08/2022). Rombongan Jurnal Agrotrop diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Rindang Dwiyani, M.Sc. sekaligus sebagai Ketua Dewan Redaksi yang disambut oleh Dekan FP UNS Prof. Dr. Ir. Samanhudi, S.P., M.Si., IPM, ASEAN Eng, Wakil Dekan SDM, Keuangan dan Logistik Prof. Dr. Ir. Sudadi, M.P., Wakil Dekan Perencanaan Kerjasama Bisnis dan Informasi Dr. Agung Wibowo, S.P., M.Si, Ketua Dewan Redaksi Jurnal Caraka Tani Dr. Ir. Mujiyo, S.P., M.P. beserta tim pengelola, dan staf FP UNS. Pertemuan dibuka oleh Prof. Samanhudi yang menjelaskan terdapat beberapa jurnal di FP UNS dari jurnal yang dimiliki oleh program studi dan fakultas, Jurnal Caraka Tani merupakan jurnal tingkat fakultas. Beliau mengatakan pengelola diperlukan yang Original “Orang Gila Jurnal” dalam melakukan proses pengelolaa jurnal. Selain pengelola Jurnal Agrotrop dari Universitas Udayana, ada juga pengelola jurnal dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), dan Universitas Nusa Cendana (Undana) yang ikut dalam studi banding.

Dr. Mujiyo menjelaskan pengelolaan jurnal dengan sistem full online pada OJS sebagai syarat wajib untuk terakreditasi Sinta 2. Jurnal Caraka Tani saat ini menggunakan OJS versi 2, di mana ke depan akan diupgrade dengan menggunakan OJS versi 3. Pengelola jurnal dibagi menjadi beberapa tugas yaitu sebagai editor, reviewer, copyeditor, proofreader, layout editor. Syarat akreditasi editor dibedakan dengan reviewer, selain dari dalam negeri diperlukan juga editor dan reviewer dari luar negeri. Beliau menerangkan pengelolaan pembagian tugas sesuai spesialisasi tugas masing-masing. Strategi pengelolaan jurnal tidak hanya yang berperan di OJS, butuh juga logistik makanan dan minuman. Jurnal dengan konsistensi penerbitan dan keberagaman penulis sangat diperlukan. Layout Editor di Jurnal Caraka Tani yang mengerjakan 1 orang dengan tampilan artikel tidak terlalu berubah setiap terbitan. Ada juga yang bertugas untuk kualitas tulisan bisa lebih meningkat. Pengelola juga membantu penulis yang belum lancar menggunakan OJS dengan melakukan pemanduan. Artikel yang diterbitakan dengan sitasi banyak diperlukan untuk persaingan di Google Scholar dan Scopus. Menyelesaikan proses secara cepat dan berkualitas dengan memanfaatkan SDM yang ada di Jurnal.

Baca Juga :
Banjir Prestasi di Tengah Pandemi, STMIK Primakara Raih Sertifikasi ISO 9001:2015 dan ISO 21001:2018, Sukses Penuhi Standar Internasional

Studi banding pengelolaan jurnal ditutup oleh Dr. Agung Wibowo mewakili Dekan FP UNS mengatakan bekerja tanpa pamrih dan ikhlas dalam pengelolaan jurnal menjadikan Jurnal Caraka Tani terus berkembang. Ruangan baru dibangun untuk pengelola Jurnal Caraka Tani sebagai dukungan dari Fakultas. Pengelola jurnal di FP UNS siap bekerja sama dalam kegiatan seperti pengelola Jurnal Caraka Tani menjadi narasumber pengelolaan jurnal di FP Unud. Beliau juga mengatakan ingin melakukan kegiatan kolaborasi dengan FP Unud. Akhir kata semoga dengan adanya kegiatan studi banding ini memberikan manfaat bagi jurnal yang dikelola ujar Dr. Agung Wibowo. (rls)

Sumber: https://www.unud.ac.id/