Foto: Suasana kunjungan dari professor dan ilmuan Vietnam Academy of Science and Technology.

Jimbaran (Metrobali.com)-

Sebagai langkah awal kerjasama internasional, Fakultas Teknik Universitas Udayana menerima kunjungan dari professor dan ilmuan Vietnam Academy of Science and Technology (VAST), dimana pada kegiatan ini dibahas mengenai beberapa bentuk kolaborasi yang dapat dilakukan bersama antara kedua institus, seperti penyelenggaran conference, joint-research dan publikasi di tingkat internasional.

Profesor dan ilmuan dari Vietnam Academy of Science and Technology (VAST) pada Kamis, 4 Agustus melakukan kunjungan di Fakultas Teknik Universitas Udayana. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Sidang 2, Lantai 3, Gedung Dekanat Fakultas Teknik, Universitas Udayana, Jimbaran. Kunjungan tersebut bertujuan untuk sharing dan diskusi terkait informasi kegiatan yang dilaksanakan di masing-masing institusi, untuk ke depannya dapat dikembangkan ke dalam bentuk kerjasama.

Pada kesempatan ini, hadir Bapak Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan, Bapak Prof. I Nyoman Suprapta Winaya, ST.,MA.Sc.,Ph.D., mengawali acara dengan pembukaan dan menampilkan video mengenai Fakultas Teknik, Universitas Udayana. Koordinator Program Studi yang turut hadir dari Program Studi (Prodi) Doktor Ilmu Teknik, Prodi Teknologi Informasi, Prodi Teknik Elektro dan Prodi Teknik Lingkungan juga menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan di Prodi masing-masing, khususnya yang dapat dilakukan melalui kerjasama atau kolaborasi internasional. Selain itu, disampaikan juga informasi mengenai kesempatan untuk melakukan penelitian di Bali, Indonesia, melalui program Udayana University International Senior Researcher Fellowship (UNISERF) melalui kerjasama dengan salah satu dosen/peneliti di Universitas Udayana.

Sejumlah 10 profesor dan ilmuan dari VAST hadir pada kunjungan ini, yaitu Prof. Dr. Nguyen Dai Hung (Former Director, Institute of Physics (IOP) VAST), Prof. Dr. Nguyen Khoa Son (Former Vice President of VAST), Prof. Dr. Nguyen Viet Khoa (Vice-Director, Institute of Mechanics, VAST), Prof. Dr. Pham Hong Quang (Director, Center for Informatics and Computing), Prof. Dr. Nguyen Truong Thang (Vice-Director, Information Technology, VAST), Prof. Dr. Pham Thanh Giang (Information Technology, VAST), Prof. Dr. Nguyen Long Giang (Vice-Director, Information Technology, VAST), Prof. Bui Dinh Tri (Center for Research and Technology Transfer, VAST), Prof. Dr. Nguyen Duc Dung (Vice-Director, Information Technology, VAST), dan Dr. Pham Van Bach Ngoc (Vietnam Space Technology Institute, VAST).

Baca Juga :
Tambah Wawasan dan Informasi, Prodi Sarjana Ekonomi Laksanakan Workshop Pemenang Kompetisi Hibah Penelitian dan Pengabdian

VAST yang berlokasi di Hanoi, Vietnam, memberikan beberapa informasi terkait dengan program-program yang telah dilaksanakan, seperti program Magister dan Doktoral, program kolaborasi penelitian, conference dan publikasi internasional. Adapun professor dan ilmuan yang hadir dalam kunjungan ini adalah ahli di bidang teknologi informasi dengan pengalaman di tingkat internasional. Sebagai Ketua Delegasi VAST, Bapak Prof. Dr. Nguyen Dai Hung, saat ini aktif sebagai Editor in Chief pada jurnal Communications in Physics VAST dan memiliki keahlian di bidang Physics, khususnya Optics, laser dan photonics. Sementara itu, profesor lainnya yang turut hadir memiliki keahlian di bidang Information Technology (IT). Namun demikian, mereka juga melakukan kegiatan untuk mengembangkan aplikasi dari bidang IT ke bidang lainnya.

Sharing dan diskusi berlangsung selama kurang-lebih 2 jam. Setelah sesi sharing dan diskusi selesai, delegasi VAST mengunjungi salah satu laboratorium teknologi terbarukan yang dikembangkan oleh Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik. Melalui kegiata ini, dibahas bentuk-bentuk kerjasama yang dapat dilakukan melalui kolaborasi kedua instansi, seperti penyelenggaran conference, joint-research, maupun publikasi di tingkat internasional. VAST memiki program conference internasional yang telah dilakukan secara berkala dan membuka kesempatan untuk institusi lain, termasuk Universitas Udayana, menjadi co-host dalam penyelenggaraan conference tersebut. VAST juga menyambut baik kesempatan untuk menjadi reviewer pada jurnal yang ada di Fakultas Teknik Universitas Udayana. Pelaksaan kolaborasi penelitian juga diharapkan dapat dilaksanakan, salah satunya pada bidang pengolahan data yang membutuhkan sistem komputerisasi dengan spesifikasi tinggi. Prof. Dr. Nguyen Dai Hung selaku Ketua Delegasi VAS, menyampaikan bahwa dengan adanya kunjungan ini, akan menjadi langkah awal terwujudnya kerjasama antara kedua instansi ke depannya. (rls)

Baca Juga :
Lewat Puisi 'Sumpah Kumbakarna', Ny Putri Koster Pukau Pengunjung HUT ke-14 Bali Collection

Sumber: https://www.unud.ac.id