Buleleng (Metrobali.com)-

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali kembali menjadi acuan untuk daerah lain. Kali ini, Pemkab Buleleng menerima kunjungan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, Kalimantan Timur. Kunjungan ini terkait dengan studi tiru kerjasama pemerintah dengan pihak swasta dalam bidang pendidikan.

Rombongan Pemkot Samarinda yang dipimpin langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Samarinda H. Muhammad Ridwan Tasa ini diterima langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng Gede Suyasa di Ruang Rapat Lobi Kantor Bupati Buleleng, Senin (21/3). Di dalam rombongan juga terdapat Head of Partner Relation Putra Sampoerna Foundation (PSF) Ida Bagus Gede Werdhi Putra.

Seperti diketahui, Pemkab Buleleng melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) telah melakukan kerjasama dengan PSF beberapa tahun yang lalu. Dengan bentuk program peningkatan kualitas pendidikan di SMP Negeri 8 Singaraja. Melihat dari keberhasilan kerjasama tersebut, Pemkot Samarinda yang juga baru melakukan kerjasama dengan PSF, ingin mendapatkan hasil yang sama.

Ditemui usai menerima rombongan, Suyasa menjelaskan kedatangan rombongan Pemkot Samarinda dan PSF ini bertujuan untuk melakukan studi tiru terkait sistem pendidikan di SMP Negeri 8 Singaraja. Dimana pada sistem pendidikan tersebut bekerjasama dengan PSF. Terdapat skema-skema pendidikan baru yang inovatif dengan kerjasama tersebut. Pemkot Samarinda juga baru saja menjalin kerjasama dengan PSF di bidang pendidikan. Sehingga, mereka mempelajari apa yang sudah dilakukan di SMP Negeri 8 Singaraja. “Kemudian mana yang bisa mereka terapkan di daerahnya. Yang cocok untuk mempercepat perkembangan manajemen sekolah dengan pola yang ditambahkan oleh PSF,” jelasnya.

Sementara itu, H. Muhammad Ridwan Tasa membenarkan pernyataan yang disampaikan oleh Suyasa. Segala sesuatu yang menjadi persayaratan dalam kerjasama dengan PSF akan segera disiapkan dan dilakukan. Rombongan juga akan meninjau SMP Negeri 8 Singaraja yang telah menjalin kerjasama dengan PSF. Dalam rangka melihat sarana dan prasarana yang bisa ditiru dan diterapkan di Samarinda. “Sehingga kami juga bisa membangun sekolah unggul di daerah kami,” pungkas dia.

Baca Juga :
Bupati Lombok Barat Segera Disidang

Pada kesempatan ini, Sekda Buleleng didampingi oleh Kadisdikpora Made Astika dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Buleleng Nyoman Agus Tri Kartika Yuda.

Sumber : Humas Pemkab Buleleng