SBY sudah kantongi nama Sekjennya

Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono/net

Cipanas (Metrobali.com)-
Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan lima pesan bagi kader partainya yang akan maju sebagai calon kepala daerah dalam kontestasi Pilkada serentak 2015.

“Lima pesan ini diharapkan menjadi pedoman dan dilaksanakan. Pertama, dalam kampanye, calon kepala daerah harus menjelaskan kepada rakyat bagaimana memajukan daerah,” kata SBY dalam pembekalan pendidikan kader menghadapi pilkada 2015 di Cipanas, Jawa Barat, Sabtu (29/8).

SBY mengatakan kader Demokrat yang menjadi calon Kada harus menjelaskan bagaimana dirinya memajukan daerah tersebut untuk mencapai kesejahteraan rakyat.

Selain itu menurut dia, juga harus dijelaskan sasaran apa yang akan dicapai dan bagaimana cara mencapai sasaran itu.

“Jelaskan bagaimana meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kurangi kemiskinan, kurangi dan pengangguran. Kampanye harus berkualitas, tajam, dan fokus pada poin yang disampaikan,” ujarnya.

Pesan kedua menurut dia, kader Demokrat jangan obral janji terutama yang nyata-nyata tidak bisa ditepati, misalnya menjanjikan pertumbuhan ekonomi 8 persen.

SBY mengatakan, semakin janji diumbar maka semakin tidak ditepati, dan rakyat sudah cerdas dalam menilai setiap ungkapan yang dikatakan calon pemimpin.

“Sampaikan yang bisa dicapai dengan realistis dan bisa dicapai,” katanya.

Dia menjelaskan pesan ketiga, yaitu disaat kondisi ekonomi susah maka kepala daerah harus memastikan pertumbuhan ekonomi tetap terjadi di daerah.

SBY meminta kepala daerah tersebut harus lakukan stabilisasi harga dan memastikan pencegahan pemutusan hubungan kerja.

“Ekonomi harus menjadi prioritas karena sudah terlihat dampaknya bagi rakyat,” katanya.

Keempat, SBY meminta kadernya yang nanti menjadi kepala daerah untuk kembali menghidupkan program-program pro rakyat. Menurut dia, kader Demokrat diwajibkan menjalankan program pro rakyat tersebut seperti yang pernah dijalankan di era pemerintahannya.

Baca Juga :
BI Layani Penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) Bagi Masyarakat Jelang Nataru

“Ketika Demokrat berada di pemerintahan, banyak program pro rakyat yang dijalankan antara lain Bantuan Operasional Sekolah, Kredit Usaha Rakyat, listrik murah, bantuan sosial bagi pengungsi dan lain-lain namun saat ini sebagian tidak dijalankan lagi,” katanya.

Pesan kelima SBY, keamanan daerah harus dijaga dengan menjaga kerukunan sosial maupun kemajemukkan yang ada.

Menurut dia tidak boleh ada pertikaian di daerah yang mengatasnamakan Suku, Agama, Ras dan Antar golongan (SARA) serta harus tegakkan hukum secara adil dan tidak tebang pilih. Antara-MB