Bangli, (Metrobali.com)

Guna meringankan beban masyarakat Kabupaten Bangli terkait pelaksanaan upacara adat, Wakil Bupati (Wabup) Bangli I Wayan Diar kembali hadir dan menyerahkan bantuan banten Upasaksi Pengabenan di beberapa lokasi Desa Adat di Kabupaten Bangli yang sedang melaksanakan Upacara Pitra Yadnnya (ngaben masal). Adapun beberapa Desa Adat yang menerima bantuan Banten Upasaksi Pengabenan berdasarkan jumlah sawa dengan perhitungan masing masing sawa sebesar 1 juta rupiah, diantaranya Desa Adat Pasekan tembuku sebesar Rp 14 juta rupiah dengan jumlah 14 sawa, Desa Adat Cepunggung Bangbang Tembuku 42 juta rupiah dengan jumlah 42 sawa, Desa Adat Bangkiang sidem 67 juta rupiah dengan jumlah 67 sawa, dan Desa Adat Nyanglan Kaja 33 juta juta rupiah dengan jumlah 33 sawa.

Wakil Bupati Wayan Diar dalam kesempatan tersebut menyampaikan, semua ini merupakan wujud keperdulian untuk menidaklanjuti program Pemerintah Kabupaten Bangli guna meringankan beban masyarakat terkait upacara pengabenan, berupa Bantuan Banten Upasaksi Pengabenan sebesar 1 juta rupiah kepada masing-masing sawa dalam pelaksanaan upacara ngaben masal.

“apa yg diberikan dari pemerintah tidak sebanding dengan pengorbanan masyarakat, akan tetapi bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dan dipergunakan seoptimal mungkin untuk kelancaran upacara, semoga yang diupacarai hari ini mendapatkan tempat yang baik sesuai karmanya masing-masing “. “tutup Wayan Diar”.

Turut hadir ditengah-tengah masyarakat yang melaksanakan upacara ngaben masal pada Rabu (27/7/22) , Anggota DPRD Prov. Bali I Nyoman Budi Utama , Ketua DPRD Bangli Ketut Suastika, Anggota DPRD Kab. Bangli Sang Nyoman Wijaya , Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Bangli I Gede Eddy Hartawan, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Bangli I Nengah Karya Atmaja serta undangan lainnya
kehadiran Wakil Bupati Bangli yang juga Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bangli ini, dalam upacara ngaben masal tersebut, disambut antusias oleh tokoh dan masyarakat setempat. Beberapa perwakilan dari masyarakat yang menerima bantuan mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Bangli dalam kepemimpinan Bupati Sang Nyoman Sedana Arta dan Wakil Bupati I Wayan Diar telah melaksanakan beberapa terobosan program yang memang benar-benar berpihak kepada kepentingan masyarakat umum, salah satunya dalam bentuk bantuan upacara ngaben masal. Semoga program ini bisa berkelanjutan sehingga dapat meringankan beban masyarakat yang melaksanakan upacara adat dan keagamaan serta dalam rangka mempertahankan adat, kebudayaan dan kearifan lokal sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali di Kabupaten Bangli menuju Bangli Era Baru. (RED-MB)

Baca Juga :
West Java International Coffee Festival 2019 Lahirkan Kerjasama Kawasan Edukasi dan Agrowisata Kopi dengan Investor Korea