Jakarta, (Metrobali.com)

 

Apa saja jenis-jenis asuransi dan contohnya? Bentuk pertanyaan yang satu ini kerap kali dinyatakan oleh calon peserta asuransi.

 

Dalam hal ini, kebanyakan dari mereka bertanya, karena ingin menyesuaikan apa yang dibutuhkan dengan layanan yang hendak digunakannya.

 

Kebanyakan orang awam hanya mengetahui jenis asuransi kesehatan dan asuransi jiwa saja. Padahal asuransi itu sendiri ditujukan bagi banyak hal, termasuk untuk melindungi benda mati sekalipun. Salah satunya terlihat melalui adanya layanan asuransi mobil.

 

Untuk Anda yang ingin tahu seperti apa layanan asuransi yang ditujukan bagi kendaraan, begitu pun dengan jenis asuransi lainnya. Mari simak penjelasan berikut:

Mengenal asuransi mobil

 

Meski termasuk dalam benda mati, mobil adalah salah satu jenis benda berharga yang tidak sembarang orang dapat membelinya, karena harganya cukup tinggi. Namun, penggunaan mobil menghadirkan cukup banyak risiko bagi para penggunanya.

 

Dalam hal ini, selain risiko kecelakaan yang seringkali dihindari oleh pengguna. Ada pula risiko lainnya yang hadir, seperti halnya tindakan kriminal dari pencurian dan lainnya.

 

Dengan menggunakan asuransi mobil terbaik, tentunya Anda bisa menjaga beberapa hal berikut ini :

 

  • Biaya servis yang ditanggung perusahaan penyelenggara asuransi
  • Mobil menjadi lebih terawat, karena beragam perbaikan dan juga kerusakan kecil dapat ditangani dengan mudah.
  • Anda juga bisa mendapatkan ganti rugi yang disebabkan oleh kerusakan atau kehilangan akibat pencurian dan lainnya. Bahkan jumlah dana ganti rugi yang ditawarkan pun umumnya sangat besar.

Keuntungan asuransi mobil

 

Selain beberapa hal di bagian atas tadi, penggunaan asuransi untuk mobil juga menghadirkan beragam keuntungan, seperti:

 

  • Meminimalisir jumlah pengeluaran yang disebabkan oleh resiko berkendara
  • Manfaat pertanggungan dari pihak asuransi pada pihak ketiga
  • Hadirnya layanan tambahan.
Baca Juga :
Jokowi-Ahok Gelar Silahturahmi Bersama PNS DKI

Jenis-jenis asuransi

 

Untuk jenis asuransi mobil, terdapat dua pilihan yang dapat Anda gunakan, yaitu asuransi mobil all risk dan juga asuransi TLO.

 

Selain kedua jenis asuransi mobil tersebut, ada pula berbagai jenis asuransi lainnya, seperti :

 

  • Asuransi kesehatan, contohnya seperti jenis-jenis asuransi kesehatan yang ditujukan bagi individu, kemudian keluarga atau bahkan anak.
  • Asuransi jiwa, untuk contoh dari asuransi jiwa itu hadir dalam bentuk asuransi berjangka, asuransi seumur hidup, asuransi dwiguna atau bahkan unit link .
  • Asuransi kecelakaan, seperti halnya kecelakaan diri, kecelakaan di tempat kerja, asuransi untuk kecelakaan lalu lintas hingga asuransi kecelakaan pesawat.
  • Asuransi motor, untuk contoh yang diberikan pada jenis asuransi ini tidak jauh berbeda dengan asuransi mobil. Ada yang disebut sebagai asuransi TLO dan juga All risk.
  • Asuransi pendidikan, contohnya hadir dalam bentuk jaminan dana pendidikan bagi anak.
  • Asuransi properti, untuk jenis asuransi ini umumnya dapat Anda lihat dari kehadiran asuransi rumah dan juga jenis asuransi bisnis.
  • Asuransi kebakaran, jenis asuransi ini tidak jauh berbeda dengan asuransi properti. Namun perlindungan yang diberikan hanya menjaga dari faktor kebakaran saja.
  • Asuransi perjalanan, untuk jenis asuransi ini contohnya dapat Anda bagi menjadi dua bagian. Pertama asuransi perjalanan dalam negeri dan juga perjalanan luar negeri.
  • Asuransi bisnis, jenis asuransi yang memberikan pertanggungan pada aset hingga karyawan yang dimilikinya.
  • Asuransi kredit, karena ditujukan untuk melunasi hutang atau sisa kredit, asuransi ini pun dibagi menjadi dua. Ada yang disebut sebagai asuransi kredit biasa dan ada juga asuransi kredit PHK.

 

Selain beberapa jenis-jenis asuransi dan contohnya di bagian atas tadi, masih ada banyak lagi jenis asuransi lainnya.

Baca Juga :
Harga Kakao Dibali Naik Awal Agustus 2014

 

Seperti halnya asuransi kelautan, dana pensiun, syariah, sosial, proyek atau konstruksi, tanggung gugat, asuransi uang hingga hewan. (RED-MB)