Foto: Mahasiswa Fakultas Pariwisata Universitas Udayana, Felisha Amara Bahwono dan Laura Putri Via Saiman.

Denpasar (Metrobali.com)-

Mahasiswa Fakultas Pariwisata Universitas Udayana (Unud) yang terdaftar sebagai peserta Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA) Batch 1 telah kembali dari Amerika Serikat. Mereka adalah Felisha Amara Bahwono dari Program Studi Sarjana Pariwisata dan Laura Putri Via Saiman dari Program Studi Sarjana Indstri Perjalanan Wisata.  Berkat program ini, keduanya berkesempatan merasakan suasana perkuliahan di Michigan State University, Amerika Serikat.

Felisha, dalam keterangannya kepada Tim Redaksi Fakultas Pariwisata mengaku senang karena mendapatkan kesempatan untuk merasakan atmosfer perkuliahan di negara maju.

“Menurut aku mengikuti Program IISMA ini kayak benar-benar membuka wawasan banget sih. International exposure (paparan internasional, red) itu benar-benar dapat. Aku  benar-benar merasa di Indonesia dan di luar (Amerika Serikat, red) sangat berbeda sistem pendidikannya. Di sana  benar-benar maju, mahasiswa di sana rajin dan disiplin banget. Sayangnya aku jarang menemukan yang begitu di Indonesia. Kalau di sini, melihat ada orang yang rajin belajar itu dibilangnya ambisus banget sih atau apalah. Padahal di AS, itu adalah hal yang biasa, bahwa semua orang itu rajin baca, semua orang kalau masuk kelas ya, benar-benar untuk belajar”, tutur Felisha dalam wawancara via telepon, Selasa (8/3).

Felisha pun menceritakan bahwa dirinya sempat merasa sulit beradaptasi. Meskipun pada akhirnya ia bisa menyesuaikan diri juga.

“Kesulitan menurut aku pas baru nyampe  di sana sih, adaptasinya agak susah. Semua orang itu geraknya cepat gitu, orang-orangnya juga cepat tanggap dan beda lah kalau disana dengan di Indonesia. Orang-orang di sana lebih individualistis, sedangkan di Indonesia orangnya lebih kolektif. Terus making friends (mencari teman, red) di sana juga awal-awalnya sulit, tapi lama-lama terbiasa juga sih”, jelas Felisha.

Baca Juga :
Kemenkumham catat 4.180 warga negara Jepang di Bali

Dengan pengalamannya tersebut, ia mendorong agar semakin banyak mahasiswa yang akan mendaftarkan diri pada IISMA Batch 2.

“Buat kalian yang memungkinkan untuk ikut, daftar aja sih, karena menurut aku ini peluang yang bagus banget. Menurut aku juga program ini merupakan inisiatif yang luar biasa. Jadi, kalau teman-teman bisa daftar, daftar saja”, ajaknya.

Selain Felisha dan Laura, mahasiswa Fakultas Pariwisata lainnya yang mengikuti IISMA Batch 1 adalah Rheaya Rivi Hatifa (angkatan 2019) yang berkesempatan belajar di Thailand dan saat ini masih mengikuti program, sebab baru berangkat tahun ini akibat terhalang pandemi COVID-19.

Untuk diketahui, Program IISMA merupakan salah satu program unggulan dari delapan Program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan hak dan kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan pengembangan diri di luar kampusnya pada perguruan tinggi terbaik di luar negeri. Pada Program IISMA Batch 1 ini, Unud telah mengirimkan 14 orang mahasiswa yang tersebar ke berbagai negara. (rls)

Sumber: http://www.unud.ac.id