Foto: Pengusaha Bali Ida Bagus Oka Gunastawa.

Denpasar (Metrobali.com)-

Industri kreatif berbasis digital dinilai menjadi industri masa depan untuk Bali dan penggerak perkonomian selain sektor pariwisata.

“Ekonomi kreatif digital sangat menjanjikan. Dan Bali harus siap menggarap peluang besar yang ada,” kata salah satu pengusaha Bali Ida Bagus Oka Gunastawa yang owner sekaligus Direktur PT Oriental Indrakila Persada (OIP), Sabtu (23/7/2022).

Industri kreatif digital adalah sebuah industri yang memanfaatkan teknologi digital dengan sentuhan kreatifitas dan inovasi baru para produk dan jasanya. Secara umum, industri digital ini akan menghasilkan produk berupa teknologi canggih yang akan membantu masyarakat untuk mengatasi masalah sehari-hari supaya lebih mudah dalam berbagai macam pekerjaan.

Ida Bagus Oka Gunastawa mengatakan ekonomi kreatif digital dapat menjadi solusi untuk dapat mempercepat pemulihan perekonomian Bali yang terpuruk akibat terdampak pandemi Covid-19.

Terlebih juga sektor ini belakangan mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah Provinsi Bali dengan dilahirkannya Konsep Ekonomi Kerthi Bali yang digagas oleh Gubernur Bali, Wayan Koster.

Ada enam sektor ekonomi yang akan menopang perekonomian Bali yakni sektor 1) Pertanian dalam arti luas (organik); 2) Kelautan dan Perikanan; 3) Industri; 4) IKM, UMKM, dan Koperasi; terbaru 5) Ekonomi Kreatif dan Digital; serta sektor 6) Pariwisata sebagai bonusnya.

“Selama ini Bali sangat tergantung pada sektor pariwisata. Dan itu sangat riskan. Sudah saatnya menggarap serius potensi ekonomi baru yakni sektor ekonomi kreatif digital. Dan sektor ini mulai tampak bergeliat di Bali,” ujar Komisaris PT Hardcoff Bojana Imaji ini.

Ida Bagus Oka Gunastawa yang juga mantan Presiden JCI LOM Bali 2005 dan mantan Presiden Director PT Cakrawala Imagi ini menambahkan sektor industri kreatif digital di Bali saat ini banyak melahirkan startup atau usaha rintisan berbasis teknologi yang juga punya potensi besar menguasai pasar nasional. Misalnya di sektor software house hingga pengembangan game dan aplikasi.

Baca Juga :
Ide Segar HKTi Ditunggu, Dorong Pemberdayaan Sektor Pertanian

“Saya yakin dalam beberapa tahun ke depan sektor ekonomi kreatif digital di Bali akan sama seksinya dengan sektor pariwisata dan menjadi primadona baru selain pariwisata,” kata Ida Bagus Oka Gunastawan yang juga merupakan mantan Commisioner PT Angkasarana Raksa dan mantan Director Operasonal PT Raja Putra Kencana yang kini menjadi Owner Resto Hardcoff Renon ini. (wid)