Foto: Kegiatan Pelayanan Kesehatan (YANKES) Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan (HMIK) FK Unud di Desa Siangan, Gianyar.

Gianyar (Metrobali.com)-

Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan (HMIK) FK Unud mengadakan acara Pelayanan Kesehatan (YANKES) dengan tema “Optimalisasi Sumber Daya Lokal Dalam Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Masyarakat”. Melalui kegiatan YANKES ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. Kegiatan ini juga merupakan pengimplementasian Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang Pengabdian Masyarakat.

Acara dihadiri dan dibuka langsung oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, yang dalam sambutannya Prof. dr. I Md. Ady Wirawan, S.Ked., M.P.H., Ph.D., menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak Desa Siangan karena Kepala Desa Siangan sudah memberikan wadah untuk mahasiswa Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Desa, sehingga dapat memberikan gambaran kepada mahasiswa dalan memberikan pelayanan kesehatan secara langsung terutama dalam cara berkomunikasi dengan masyarakat.

Kegiatan YANKES XIII dilaksanakan pada tanggal 13 dan 14 Agustus 2022 melalui beberapa rangkaian kegiatan. Rangkaian kegiatan dilaksanakan secara offline di Banjar Teruna, Desa Siangan, Gianyar. Sasaran kegiatan ini adalah lansia, PKK, dan anak-anak SD Desa Siangan. Rangkaian kegiatan YANKES XIII meliputi:

  1. Pemeriksaan kesehatan berupa cek tekanan darah dan gula darah
  2. Penyuluhan TOGA (Tanaman Obat Keluarga)
  3. Senam Sehat
  4. Boomshare video edukasi melalui instagram. (rls)

Sumber: https://www.unud.ac.id/

Baca Juga :
Di Balik Penolakan Hare Krisna, PHDI Harus Segera Ambil Keputusan