Bangli (Metrobali.com)-

Tim penilai lomba pelaksana terbaik Kesatuan PKK – KB Kesehatan tingkat Provinsi Bali tahun 2012 yang dipimping langsung Nyonya Ayu Pastika, Kamis (19/1) melaksanakan penilaian di Kabupaten Bangli. Tampil sebagai duta Bangli dalam penilaian ini adalah Desa Landih yang sebelumnya menjuarai lomba yang sama di tingkat Kabupaten Bangli. Acara yang dipusatkan di wantilan Br. Palaktiying juga dihadiri oleh Bupati Bangli I Made Gianyar, Ketua DPRD Kabupaten Bangli, Ketua TP PKK Kabupaten Bangli Nyonya Erik Gianyar, Pimpinan SKPD terkait dan masyarakat setempat.
Ketua tim penilai Ayu Pastika mengatakan, gerakan PKK dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah dengan sasaran para keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat.  Sehingga penilaian ini diharapkan menjadi motor penggerak partisipasi semua pihak dan wadah pembinaan baik instansi pemerintah maupun masyarakat.
Penilaian lomba kesatuan gerak PKK-KB Kesehatan tahun ini dibagi menjadi empat jenis penilaian, baik katagori kabupaten maupun katagori kota diantaranya lomba pelaksana terbaik kesatuan gerak PKK KB-Kesehatan, lomba pelaksana terbaik Posyandu, lomba terbaik pelaksana Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di rumah tangga dan lomba pelaksana terbaik lingkungan bersih dan sehat.
Demikian juga dalam rangka BBGRM dan HKG PKK tahun 2012 diselenggarakan lima jenis lomba seperti pelaksana terbaik tertib administrasi PKK, pelaksana terbaik pencegahan KDRT, pelaksana terbaik kelompok UP2K PKK, pelaksana terbaik pemanfaatan halaman pekarangan dan pelaksana terbaik pemanfaatan hasil toga.
Dikatakan juga, ada tiga criteria dalam penilaian ke Sembilan jenis lomba dimaksud seperti indikator input, proses dan output. “Pemenang dalam lomba pelaksana terbaik Kesatuan PKK – KB Kesehatan sekarang ini akan mewakili Bali dalam anjang yang sama di tingkat pusat,”ucapnya.
Sementara itu Bupati Bangli Made Gianyar sangat menyambut baik kegiatan ini, dikatakan PKK memiliki peran yang vital terhadap pembangunan. “Kita berharap kegiatan ini memberikan manfaat untuk peningkatan peran dan kemampuan PKK sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan masyarakat,”ungkapnya.
Kedatangan tim penilai provinsi disambut antusias oleh masayarakat dengan berbagai atraksi mulai dari pertunjungan senam lansia, demo memasak, hingga pertujukan jogged lansia. Saat penilaian lapangan dilaksanakan, berbagai pertanyaan dilontarkan oleh tim provinsi sesuai dengan criteria perlombaan, salah satu pertanyaan menyasar ke Bupati Bangli terkait dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Bangli dalam menyikapi KDRT yang terjadi dimasyarakat. MB2

Baca Juga :
Status Karantina Wilayah Dicabut, Sekda DM Indra Tegaskan Warga Abuan Harus Tetap Waspada Ikuti Protokol Pencegahan Covid19