Foto: Fakultas teknik menyambut ITERA (Institut Teknologi Sumatera) dalam kegiatan Studi banding.

Jimbaran (Metrobali.com)-

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Ir. I Ketut Sudarsana, ST., Ph.D  selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Udayana didampingi Dr. Ir. I Ketut Gede Sugita, MT. selaku Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Ir. I Nyoman Budiastra, M.Eng., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi,  serta Ibu Tri Anggraini Prajnawrdhi, S.T., M.T., MURP., Ph.D. Kaprodi dari Arsitektur dan Ibu Ir. Ida Ayu Made Budiwati, M.Sc., Ph. D Kaprodi dari Teknik Sipil. Pada kegiatan sharing ini ITERA berkeinginan untuk menjalin kerja sama dengan pihak fakultas teknik Universitas Udayana yang terkait dengan jurusan yang ada di lingkup ITERA.

Selain itu ITERA juga menyampaikan bahwa akan menambah prodi yang mana saat ini ITERA sendiri memiliki 3 jurusan yakni jurusan sains, teknologi infrastruktur dan kewilayahan, serta jurusan teknologi produksi dan produksi akan tetapi dari target tersebut perlu adanya kerja sama dengan pihak Universitas Udayana.

Dalam rencananya, “ITERA akan menambah prodi Pariwisata. Akan tetapi dalam menambah prodi tersebut tentu ada beberapa pertimbangan seperti memasukkan prodi pariwasata pada jurusan teknologi infrastruktur dan kewilayahan dikarenakan pada jurusan ini menyangkut mengenai kewilayahan, serta perlu dibangun infrastruktur menuju tempat-tempat wisata jadi tidak pure mengenai business pariwisatanya,”  pernyataan ini disampaikan langsung oleh Ibu Dr. Rahayu Sulistyorini S.T., M.T., selaku Ketua Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan.

Menanggapi pernyataan tersebut, pihak Fakultas Teknik Universitas Udayana menerima dengan baik. Tidak hanya itu, Dekan Fakultas Teknik juga memberi gambaran mengenai prodi yang ada di Lingkungan Universitas Udayana. Baik menyangkut jurusan yang ada di Fakultas Teknik maupun rencana kedepan yang akan dilakukan oleh Fakultas Teknik Universitas Udayana Sendiri. Dalam sharing  disampaikan pada semester yang akan datang ini juga berencana untuk menerapkan kurikulum baru. Tujuannya agar pada semester baru akan ada 2 kurikulum yang berjalan .

Baca Juga :
Bupati Tabanan Apresiasi Ngaben Masal Desa Adat Senganan Kangin

Selain dari pembahasan tersebut, ITERA dan Fakultas Teknik Universitas Udayana juga membahas mengenai MBKM. Yang mana ITERA menyampaikan dalam mewujudkan MBKM ini masih mengalami beberapa kendala salah satunya mengenai target SKS. Untuk memberi respon mengenai kendala yang dialami oleh ITERA dari pihak Fakultas Teknik Universitas Udayana menyampaikan bahwa sampai saat fakultas teknik diminta supaya 40 % SKS untuk mencapai CPL Prodi dan 30 % bebas di luar. Maka dari itu pihak Fakultas  melakukan penyesuasian dengan kegiatan yang diambil oleh mahasiswa. Sedangkan mata kuliah yang diberikan konversi adalah mata kuliah pengayaan, bukan mata kuliah basic.

Dengan tersenggalarannya kegiatan ini semoga dapat terjalin kerja sama yang baik antara Fakultas Teknik Universitas Udayana dan ITERA. Dimana dalam Kegiatan ini ada begitu banyak hal yang bisa dijadikan contoh oleh ITERA maupun oleh Fakultas Teknik Universitas Udyana, baik dari segi perencenaan maupun kegiatan MBKM. (rls)

Sumber: https://www.unud.ac.id/