Foto: drg. Ni Wayan Mariati, M.Kes saat melangsungkan ujian Promosi Doktor bertempat di ruang sidang Pascasarjana Lt III.

Jimbaran (Metrobali.com)-

Bertempat di ruang sidang Pascasarjana Lt III, telah berlangsung ujian Promosi Doktor dengan kandidat promovenda drg. Ni Wayan Mariati, M.Kes dengan judul disertasi “Intervensi Model Kombinasi Conventional Education dan Motivational Interviewing Meningkatkan Status Pengetahuan dan Menurunkan Indeks Kebersihan Gigi dan Mulut, Indeks Karies Gigi dan Indeks Gingiva pada Anak Sekolah Dasar di Kota Tomohon Sulawesi Utara” (12/8/2022)

Penderita gigi berlubang sekitar 89% terdiri dari anak-anak usia dibawah 12 tahun. Ada banyak metode intervensi kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut seperti wawancara motivasi. Wawancara motivasi (Motivation Interviewing) dikembangkan sebagai gaya intervensi. Motivation Interviewing sebagai intervensi inovatif dimana berkembang pendekatan konseling berpusat pada orang.

Motivational interviewing menuntut para profesional merupakan konselor paling aktif dalam menyajikan masalah dan menawarkan solusi, sementara pasien biasanya bisa keluar dari masalah dan bisa mengambil suatu keputusan.

Penelitian ini bertujuan membuktikan intervensi Model Kombinasi Conventional Education dan Motivational Interviewing (CE-MI) dapat meningkatkan pengetahuan kebersihan gigi dan mulut dan status kebersihan gigi dan mulut serta menurunkan status karies gigi dan status gingiva pada anak anak Sekolah Dasar di Kota Tomohon.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa intervensi Model CE-MI (Conventional Education dan Motivational Interviewing) dapat meningkatkan pengetahuan dan status kebersihan gigi dan mulut serta menurunkan status karies gigi dan status gingiva pada anak anak Sekolah Dasar kelas 5 dan 6 di Kota Tomohon.

Ujian dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Dr. dr. I Made Sudarmaja, M.Kes dengan tim penguji :

  1. Prof. Dr. dr. I Dewa Made Sukrama, M.Si., Sp.MK (K) (Promotor)
  2. Dr. dr. Dyah Pradnyaparamita Duarsa, M.Si (Kopromotor I)
  3. Dr. dr. Gde Ngurah Indraguna Pinatih, M.Sc, Akp. Sp.GK (Kopromotor II)
  4. Prof. Dr. dr. I Made Bakta, Sp.PD-KHOM
  5. Prof. Dr. dr. I Made Jawi, M.Kes
  6. Prof. Dr. Ir. Ida Bagus Putra Manuaba, M.Phil
  7. Dr. dr. Bagus Komang Satriyasa, M.Repro
  8. Dr. dr. Gede Wirya Kusuma Duarsa, M.Kes, Sp.U(K)
  9. Dr. dr. Made Ratna Saraswati, Sp.PD-KEMD.,FINASIM
Baca Juga :
Rai Mantra Dukung SMP PGRI 5 Denpasar Pada Lomba PKTP Tingkat Provinsi

Sedangkan undangan akademik adalah :

  1. Dr. dr. Ni Wayan Winarti, S.Ked., Sp.PA
  2. Dr. dr. Putu Yuliawati, Sp.M(K)
  3. Dr. dr. I Putu Eka Widyadharma, M.Sc., Sp.S(K)
  4. Dr. Kadek Tresna Adhi, SKM., M.Kes
  5. Dr. dr. Dewa Ayu Agus Sri Laksemi, M.Sc

Pada ujian kali ini Dr. drg. Ni Wayan Mariati, M.Kes dinyatakan lulus sebagai Doktor Lulusan ke- 356 Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dengan predikat SANGAT MEMUASKAN. (rls)

Sumber: https://www.unud.ac.id/