Denpasar (Metro Bali)-
Pejabat Dinas Pendidikan dan Olahraga Provinsi Bali mengatakan, pada 2012 akan mengucurkan dana Rp20 miliar untuk melengkapi fasilitas di SMAN Bali Mandara, yang berlokasi di Kabupaten Buleleng.

“Dana tersebut bersumber dari APBD setempat, yang digunakan untuk menambah fasilitas untuk menjadikan sekolah bertaraf internasional,” kata Kadisdipora Provinsi Bali Ida Bagus Anom usai peresmian SMAN Bali Mandara di Denpasar, Kamis.

Dia menjelaskan, anggaran puluhan miliar itu nantinya akan digunakan membangunan beberapa fasilitas, seperti penambahan gedung asrama dan laboratorium.

Sebab pada tahun akademik 2012/2013, tambah Anom, jumlah siswa akan berjumlah dua kalipat dari angkatan yang pertama atau menjadi 150 siswa.

SMAN tersebut adalah sekolah berasrama dengan standar internasional yang pertama di Indonesia. Sekolah tersebut beralamat di Jalan Air Sani Desa Kututambahan, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng.

Dia mengatakan, keberadaan sekolah tersebut diperuntukkan bagi siswa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu dari segi ekonomi di seluruh wilayah Pulau Dewata.

“Untuk angkatan pertama terpilih sebanyak 75 siswa yang telah melewati beberapa tahapan seleksi yang ketat,” ujarnya.

Anom menjelaskan, siswa yang terpilih itu berhasil menyisihkan ratusan siswa yang mendaftar ke sekolah internasional tersebut.

Mereka adalah siswa berprestasi yang merupakan ranking teratas di SMP masing-masing yang berasal dari seluruh kabupaten/kota.

“Para siswa yang terpilih tersebut akan mendapatkan beasiswa penuh selama tiga tahun,” katanya menjelaskan.(*)

Baca Juga :
Panglima TNI: Oknum TNI Terlibat Bentrok Dengan Polri Diproses Hukum