Denpasar (Metrobali.com)-
Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar senantiasa mengingatkan agar generasi muda tidak gengsi untuk bertani, khususnya bagi yang memiliki lahan yang memadai untuk bertani. Ditambah dalam situasi mewabahnya virus Covid-19 ini, dengan bertani seperti menanam sayur-sayuran untuk memenuhi kebutuhan sayuran untuk mencukupi kebutuhan keluarga.
Kepala Dinas Pertanian da Kehutanan Kabupaten Gianyar, Made Raka, Senin (27/4/2020) mengatakan bahwa generasi muda janganlah gengsi untu bertani. Terlebih lagi saat ini banyak pekerja muda yang dirumahkan, kesempatan ini dapat digunakan untuk bertani khususnya bagi yang memiliki lahan yang mencukupi untuk bertani.
“Generasi muda kami harapkan agar tidak gengsi, malu, ataupun takut untuk bertani. Manfaatkan lahan yang ada untuk memulai untuk bertani, walaupun hanya untuk menanam sayur sayuran, apalagi kan saat ini banyak dirumahkan dari pekerjaannya akibat Covid-19,” ujarnya.
Bilapun tidak memiliki lahan pertanian seperti sawah, akan tetapi dapat memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam cabai atau yang lainnya. “Contohnya bisa menanam cabai di pekarangan rumah, tidak harus memiliki sawah. Cukup dipekarangan rumah saja,” ucapnya.
Ditambahkan oleh Made Raka, bahwa saat ini dengan bertani atah berkebun juga dapat memenuhi kebutuhan disaat ekonomi yang sulit ini. “Dengan berkebun ini kan dapat mencukupi kebutuhan, seperti menanam cabai, sayur mayur, atau buah buahan,” pungkasnya.
Pewarta : Catur
Editor : Whraspati Radha
Baca Juga :
PC WTO Dihadiri 300 Anggota Parlemen