Jembrana (Metrobali.com)

 

Pemberian vaksin booster 2 di Kabupaten Jembrana sudah dimulai dan dipusatkan di lantai tiga RSU Negara.

“Hari ini yang ketiga karena sudah kita mulai sejak hari Kamis (4/8/2022) lalu” ujar Kadis Kesehatan Jembrana, dr. Made Dwipayana ditemui di RSU Negara, Sabtu (6/8/2022).

Pemberian vaksin booster 2 menurutnya menyasar 2081 orang petugas yang bekerja di semua fasilitas kesehatan (faskes) di Jembrana. Seperti rumah sakit termasuk rumah sakit swasta, puskesmas dan di klinik-klinik swasta.

“Vaksin (booster) kita sekarang baru ada 50 vial untuk 1400 orang. Ini kita berikan untuk yang sudah divaksin ketiga” jelasnya.

Dari sasaran sebanyak 2081 orang itu disebutnya yang sudah teregistrasi atau terdaftar di pusat sebanyak 1794 orang. Dan selama dua hari pelaksanaan vaksin booster 2 mulai hari Kamis (4/8/2022) dan Jumat (5/8/2022) sebanyak 695 orang yang sudah divaksin booster kedua (2).

“Untuk hari ini belum kita ketahui. Tapi target kita hari Rabu (10/8/2022) untuk sasaran yang 1400 itu sudah selesai” terangya.

Selanjutnya untuk sisa kekurangan vaksin booster 2, pihaknya sudah berkordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Dan vaksinnya dari informasi bisa diambil kapan saja. “Kalau nanti Senin dari total kita 1400 orang sudah selesai, hari Senin kita langsung ambil” imbuhnya.

Disebutnya vaksin booster 2 sebenarnya bukan hanya untuk nakes. Namun juga untuk petugas yang berhubungan atau menangani langsung pasien Covid karena berpotensi menular. “Dulu semua nakes divaksin moderna. Karena yang turun sekarang vaksin jenis moderna, jadi nakes yang diutamakan” ungkapnya.

Selain itu, kenapa nakes diutamakan, Dwipayana mengistilahkan untuk membuat gelombang-gelombang pertahanan dimulai dari nakes sendiri kemudian keluarga nakes dan selanjutnya lingkungan sekitar. (Komang Tole)

Baca Juga :
Hadapi Putaran Portimao, Ali Adriansyah Akan Lebih Agresif dan Lebih Konsisten