Klungkung (Metrobali.com)-

Untuk kesekian kalinya Provinsi Bali masuk nominasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam rangka Lomba Kesatuan Gerak PKK Tingkat Pusat  Tahun 2012. Kali ini nominasi PHBS diwakili oleh Desa Bakas, Kecamatan Banjarangkan, Kab. Klungkung, Jumat (4/5).

Tim Penilai Lomba Kesatuan Gerak PKK Tingkat Pusat  Tahun 2012 yang diketuai oleh Ny.Susilawati Subekti ,  didampingi Ketua TP-PKK  Provinsi Bali,  Ny. Ayu Pastika melakukan penilaian nominasi PHBS , dan diterima oleh Wakil Bupati Klungkung Tjok. Gede Agung,  di Balai Desa Bakas, Kec. Banjarangkan, Kab. Klungkung.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Klungkung menyampaikan bahwa  Pembinaan PHBS di Rumah Tangga  sebagai langkah strategis untuk menggerakkan anggota keluarga dalam mewujudkan kesehatan masyarakat.” Upaya peningkatan kesehatan dimasyarakat tidak terlepas dari peran kader-kader PHBS dimasing-masing masyarakat,” katanya.

Sementara  Ketua Tim Penilai PHBS Ibu Susilawati Subekti dalam pengarahannya menyampaikan  bahwa dari  10 indikator yang menjadi criteria dalam penilaian PHBS yang paling susah diterapkan dalam masyarakat biasanya Pemberian ASI Ekslusif dan tidak merokok di dalam rumah. Oleh karenanya kader-kader PHBS diminta senatiasa memotivasi masyarakat untuk terus mengupayakan dilaksanakannya perilaku ini.  Susilawati Subekti juga mengucapkan selamat kepada Desa Bakas yang masuk nominasi PHBS tingkat nasional.

Kegiatan penilaian dilanjutkan dengan peninjauan lapangan ke sejumlah sekolah dan rumah-rumah penduduk oleh Tim Penilai bersama Ny. Ayu Pastika yang didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Klungkung Dr. Agung Swastika. SUS-MB

Baca Juga :
PDIP Nilai Perpu Pilkada Harus Dikaji Mendalam