Jembrana (Metrobali.com)

 

Sempat jeda beberapa hari karena hari raya Idul Adha, Pemkab Jembrana melalui Dinas Pertanian dan Pangan mulai Senin (11/7/2022) besok akan kembali melaksanakan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Dengan menyasar wilayah suspek PMK, Dinas menurunkan lima tim sekaligus saat kegiatan vaksinasi massal sebagai upaya pencegahan.

Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Pangan Jembrana, I Wayan Sutama mengatakan vaksinasi PMK pada Senin (11/7/2022) besok menyasar lima wilayah dan dilakukan dengan serentak.

Kelima wilayah itu diantaranya Desa Pergung dan Kelurahan Tegalcangkring di Kecamatan Mendoyo, Desa Banyubiru di Kecamatan Negara dan dua desa di Kecamatan Melaya yakni Desa Manistutu dan Desa Nusasari.

Kegiatan vaksinasi disebutnya akan melibatkan semua anggota satgas dan juga dibantu dari TNI dan Polri. “Semua bergerak. Rencananya besok pagi akan dilepas Bapak Bupati di halaman depan Pura Jagatnatha” ujar Sutama, saat dikonfirmasi, Minggu (10/7/2022).

Disampaikan Sutama, pelaksanaan vaksinasi menggunakan pola dari luar ke dalam (pusat PMK) dengan jangkauan atau ring 3 kilometer dari pusat kasus. Sedangkan desinfeksi dengan pola dari dalam (pusat kasus) ke luar. Dan pelaksanaan vaksinasi diprioritaskan pada sentral kasus.

Disinggung mengenai stok vaksin PMK menurutnya persediaan vaksin masih cukup. “Untuk tambahan vaksin sudah dialokasikan, kita tinggal mengambil saja” imbuhnya. (Komang Tole)

Baca Juga :
Program Pembinaan Lingkungan Hidup, Kodim 1610/KLK Hijaukan Dusun Sidayu