Untuk memantau lebih dekat aktivitas Gunung Agung, PVMBG memasang Kamera CCTV dikawasan Puncak Gunung Agung, Karangasem, Bali pada 29 Desember 2019.

Karangasem,  (Metrobali.com)

 

Untuk memantau lebih dekat aktivitas Gunung Agung, PVMBG memasang Kamera CCTV dikawasan Puncak Gunung Agung, Karangasem, Bali pada 29 Desember 2019.

Seperti rilis yang dikeluarkan PVMBG pagi ini, pemasangan kamera cctv dilakukan oleh Tim TD Agung yang diketuai oleh Dr. Devy Kamil Syahbana beserta beberapa pengamat Gunung Agung dan 8 orang porter

Kamera CCTV yang bisa diakses secara online tersebut dipasang mengarah kearah kawah Gunung Agung dengan memakai tenaga surya sebagai sumber energinya.

“Ya, kamera yang dipasang menggunakan tenaga surya,” terang Devy Kamil Syahbana Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur ketika dikonfirmasi, Minggu (29/12/2019).

Pendakian ditempuh cukup lama sekitar 8 jam sambil membawa sejumlah peralatan, sementara saat turun hanya memerlukan waktu kurang dari 5 jam.

Sementara itu, didalam rilis juga dijelaskan bahwa Kondisi diarea puncak Gunung Agung sampai saat ini masih terdapat banyak sekali deposit material lontaran pijar dari erupsi – erupsi yang terjadi sebelumnya.

Selain itu, juga teramati manifestasi permukaan berupa tembusan gas dibagian dinding – dinding kawahnya serta aroma belerang lemah dapat dicium mulai dari jarak 1.5 km dan dikawah bau belerang tercium namun tidak terlalu menyengat.  (Suar)

Baca Juga :
Aktivitas Lempeng Indo-Australia Sebabkan Gempa Bali-Jatim-Lombok