Buleleng, (Metrobali.com)

Setelah memantapkan program one village one product setiap desa di Kecamatan Tejakula, kini dalam upaya pengenallan dan sekaligus meningkatkan pemasaran produk unggulan lokal, Camat Tejakula, I Gede Suyasa,SP mulai membangun rumah pajang dihalaman rumah jabatan camat setempat.
.
Berdasarkan catatan, Kecamatan Tejakula memiliki 20 UMKM dengan produk unggulan lokal. Guna memaksimalkan potensi itu, Camat Suyasa memanfaatkan sudut halaman rumah jabatannya untuk dibangun rumah pajang produk unggulan lokal Gerakan Bangun Potensi Usaha Rakyat (Gerbangpura).

“Rumah pajang ini bertempat di halaman rumah jabatan Camat Tejakula dengan luas bangunan 4 kali tujuh meter dan akan tuntas pengerjaannya kira-kira bulan Juni-Juli ini,” ujar Camat Suyasa usai mengikuti Rapat Paripurna DPRD Buleleng, pada Selasa, (31/5/2022) lalu.

Menurutnya dalam rumah pajang, setiap desa yang memiliki produk layak jual akan diberikan fasilitas satu rak pajang. Selain produk UMKM, rumah pajang juga akan menampilkan 18 titik potensi wisata yang akan dikembangkan ke depannya.

Terkait anggaran pembangunan gedung, Camat Suyasa menegaskan seluruh biaya pembangunan rumah pajang itu hampir 100 persen bersumber dari bantuan CSR dan BUMN yang ada di Tejakula.

“Ini merupakan wujud kolaborasi semua stake holder dengan konsep triple helix, dimana dalam memaksimalkan pengembangan dan peningkatan potensi desa harus melibatkan unsur pemerintah, swasta dan masyarakat,” ujarnya.

“Kita berharap keberadaan Rumah Pajang Produk Unggulan Lokal Gerbangpura Tejakula nantinya tidak hanya sebagai tempat pajangan produk melainkan juga menjadi wadah pemersatu masyarakat desa untuk bersama-sama membangun Tejakula lebih baik.” tandas Camat Suyasa. GS

Baca Juga :
Pemerintah : Semua Pemeriksaan BPK Keputusan Lembaga Negara