Klungkung, (Metrobali.com)

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba dalam memperingati hari Bulan Bulan Bung Karno IV di Kabupaten Klungkung Tahun 2022. Acara tersebut berlangsung di Balai Budaya I Dewa Agung Istri Kanya, Kamis (23/6).

Berbagai kegiatan lomba meriahkan kegiatan dalam memperingati Bulan Bung Karno IV di Klungkung Tahun 2022 seperti  Lomba Mewarnai Gambar Bung Karno Tingkat TK, Lomba Baca Puisi Tingkat SD/MI, Lomba Pidato Bung Karno Tingkat SMP/MTs, Lomba Musikalisasi Puisi Tingkat SMA/SMK/MA dan Lomba Nyatua Bali Tingkat Paiketan Krama Istri /Pakis.

Bulan Bung Karno merupakan agenda tahunan selama satu bulan penuh pada bulan Juni di Kabupaten Klungkung yang bertujuan untuk membangun memori kolektif terhadap pentingnya Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia dan Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta membangun memori kolektif seluruh elemen masyarakat untuk menggelorakan kembali semangat dan pemikiran Bung Karno dalam mengabdikan diri pada kepentingan rakyat, Bangsa, dan Negara.

Bupati Suwirta berharap dalam peringatan Bulan Bung Karno ini, bisa menteladani ajaran Trisakti Bung Karno yang meliputi: Berdaulat Secara Politik, Berdikari Secara Ekonomi, dan Berkepribadian dalam Kebudayaan sangat relevan untuk mewujudkan keharmonisan alam, manusia, dan kebudayaan Bali. “dengan lomba-lomba yang diselenggarakan hari ini bisa menambah pengetahuan kita akan perjuangan Bung Karno dengan ajaran Trisaktinya, ” ujar Bupati Suwirta

Lebih lanjut Bupati Suwirta menambahkan melalui Bulan Bung Karno bisa membangun memori kolektif seluruh elemen masyarakat Kabupaten Klungkung untuk menggelorakan kembali semangat dan pemikiran Bung Karno dalam mengabdikan diri pada kepentingan rakyat, bangsa, dan Negara.

Lahir sebagai juara Lomba Pidato Bung Karno tingkat SMP juara 1 diraih Trio Saputra dari SMP N 3 Banjarangkan, juara 2 diraih Ketut Suksma Permata Putri dari SMP N 1 Semarapura, juara 3 diraih oleh Ida Ayu Made Kirana Anyani dari SMP N 2 Semarapura. Lahir sebagai juara Lomba Musikalisasi Tingkat SMA/SMK/MTS juara 1 dari SMA Satu Atap Lembongan, Juara 2 dari SMA N 2 Semarapura, Juara 3 SMA N 1 Semarapura. Sedangkan juara Lomba Nyatua Bali Paiketan Krama Istri, juara 1 diraih oleh Made Aryati Kecamatan Klungkung, Juara 2 diraih oleh Ni Komang Suartini dari Kecamatan Dawan dan juara 3 diraih oleh Ni Ketut Srinadi.

Baca Juga :
Simpatisan JRX Lakukan Bersih Pantai dan Galang Donasi untuk Korban Bencana

Sementara, Plt. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Klungkung, I Wayan Parna mengatakan, tujuan dilaksanakannya perayaan dan peringatan bulan Bung Karno tahun 2022 yakni sebagai mengarusutamakan Pancasila dalam kehidupan masyarakat Klungkung dalam berbangsa dan bernegara, meningkatkan pemahaman masyarakat Klungkung tentang sejarah, filosofi dan nilai-nilai Pancasila, membangkitkan dan memelihara memori kolektif masyarakat Klungkung tentang ketokohan dan keteladanan Ir. Soekarno sebagai penggali Pancasila dan Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia serta memperkuat institusional nilai-nilai Pancasila, dan Spirit perjuangan Bung Karno sesuai dengan kearifan lokal masyarakat Klungkung. (HUMASKLK/YANDE)