Klungkung (Metrobali.com)-

Seorang pengusaha memang dituntut untuk menciptakan hal-hal baru, tidak hanya menjadi power, tapi harus memiliki banyak follower. Hal tersebut disampaikan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta membuka Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Sumber Daya Manusia (SDM) Usaha Mikro dalam 1 (satu) Daerah Kabupaten/Kota di Meeting Room Bakas Levi Refting, Desa Bakas, Kecamatan Banjarangkan, Selasa (21/6)

“Ada tiga hal yang harus diperhatikan menjadi seorang pengusaha yakni power, follower dan konsep,” ujar Bupati Suwirta memotivasi peserta diklat. Dimana menjadi seorang pengusaha harus memiliki power/jati diri dalam memimpin usahanya dan memiliki follower atau pengikut untuk kemajuan usahanya dan pengusaha juga harus jeli terhadap kondisi lingkungan yang berkembang, memanfaatkan moment kemudian menyelaraskan ide dengan konsep yang ada. “manfaatkanlah media sosial (medsos) untuk mempromosikan produk-produk kepada masyarakat,” ujar Bupati Suwirta.

Dirinya juga berharap melalui pendidikan dan pelatihan ini menghasilkan SDM yang terlatih dan terdidik. Dengan begitu mereka akan mampu menghasilkan produk dan inovasi yang mendukung perkembangan bisnisnya. “Mensetnya kita rubah, setiap jengkal dijadikan pembelajaran, menjadi jati diri serta kuasai kalangan,” imbuhnya.

Sementara, Kadis Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Klungkung, I Wayan Ardiasa menjelaskan, maksud dan tujuan pendidikan dan pelatihan ini untuk memberikan ruang kesempatan kepada pelaku UMKM dalam meningkatkan kapasitasnya, memberikan fasilitasi solusi permasalahan usahanya, membuka peluang kemitraan, saling mempromosi produk, dan meningkatkan motivasi serta kepercayaan diri dalam menjalankan usaha. “Diklat Angkatan II dilaksanakan dari tanggal 21 sampai dengan 24 Juni 2022, Jumlah peserta sebanyak 25 orang dengan narasumber pelatihan berasal dari ABDSI Provinsi Bali ( Bussiness Development Services Indonesia ) Provinsi Bali serta Dinas/Instansi terkait,” jelasnya.

Baca Juga :
Bupati Suwirta Lepas Atlet Wushu Klungkung Ikuti Sirnas di Jakarta

Turut hadir dalam acara tersebut Kaban Baperlitbang Kabupaten Klungkung, Anak Agung Gede Lesmana, Kadis Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung, I Wayan Sumarta, Kadis Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Klungkung, I Wayan Ardiasa dn undangan terkait lainya.

 

Sumber : Humas Pemkab Klungkung