Klungkung (Metrobali.com)-

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta membuka kegiatan Grand Final Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Klungkung Tahun 2022 di Gedung Bhineka Guna Praja Kantor Camat Klungkung, Rabu (20/4). Tujuan dari kegiatan ini untuk memilih Duta GenRe yang akan menjadi role model dan tauladan bagi remaja Klungkung khususnya serta sebagai wakil dalam pemilihan GenRe tingkat Provinsi. Adapun tema dalam kegiatan ini yakni “Parama Yowana Mahottama”. Sedangkan kegiatan ini diikuti sebanyak 36 peserta atau 18 pasang.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Suwirta sangat menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Bupati berharap setelah kegiatan pemilihan ini nantinya dapat melahirkan generasi muda sebagai agen-agen perubahan di masyarakat yang berkualitas dan berkompeten. “Kedepan pelaksanaan kegiatan ini bisa dipersiapkan lebih bagus lagi, sehingga bisa terlihat istimewa,” ujar Bupati Suwirta.

Selain itu, Bupati Suwirta juga memberikan semangat kepada para peserta agar bisa belajar lebih banyak lagi setelah mengikuti kegiatan ini. Belajar tentang bagaimana cara menata kehidupan sehari-hari dengan baik dan tentunya menjadi contoh untuk masyarakat. “Mudah-mudahan setelah kegiatan ini bisa menjadi yang terbaik, yang tidak terpilih jangan merasa kecewa tetap semangat dan jangan menyerah,” harap Bupati Suwirta didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Klungkung, I Wayan Suteja serta instansi terkait lainnya.

Ketua Panitia Dewa Ayu Dyana Santi Sahadewi mengatakan di era globalisasi ini, remaja telah dihadapkan dengan berbagai macam masalah diantaranya penyalahgunaan napza, HIV/AIDS, sek bebas dan pernikahan di usia dini. Masalah-masalah tersebut merupakan ancaman serius yang dapat merusak generasi bangsa. Salah satu upaya pemerintah untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melaksanakan program GenRe. Melalui program GenRe ini diharapkan mampu memberikan edukasi dan wawasan kepada generasi muda tentang kesehatan reproduksi serta menciptakan remaja yang bebas napza, seks bebas, pernikahan dini dan HIV/AIDS. Genre (Generasi Berencana) ini merupakan program yang dikembangkan oleh Badan Kependudukan dan Kaluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang mengendepankan peran generasi muda untuk belajar menjahui pernikahan dini, seks bebas, penyalahgunaan napza dan HIVS/AIDS.

Baca Juga :
Gempa di Daratan Bali Rusak Ratusan Bangunan

 

Sumber : Humas Pemkab Klungkung