Mangupura (Metrobali.com)-

Diklat Prajabatan Golongan I, II, dan III Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) Kabupaten Badung dibuka secara resmi oleh  Bupati Badung yang diwakili Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Badung Drs. I Gede Oka Sukadana,MM didampingi  anggota DPRD Kabupaten Badung I Wayan Tana, SH bertempat di UPTD BPKKTK (BAPELKES) Provinsi Bali, Selasa (20/9) kemarin. Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Badan Diklat  Provinsi Bali yang diwakili oleh Kabid Kader dan Kepemimpinan Badan Diklat Provinsi Bali  I.B. Putra Manuaba, Koordinator Widyaiswara Badan Diklat Provinsi Bali, serta instansi terkait.

Bupati Badung dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala BKD Diklat Kabupaten Badung menyampaikan bahwa pendidikan dan pelatihan prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) tahun anggaran 2011 merupakan tindak lanjut dari proses pengadaan PNSD Kabupaten Badung tahun anggaran 2009 serta merupakan salah satu persyaratan untuk dapat diangkat menjadi PNSD. Lanjut dikatakan bahwa tujuan dilaksanakannya diklat prajabatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap prilaku guna dapat melaksanakan tugas secara professional dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS serta menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai inovator, perekat persatuan dan kesatuan bangsa serta berorientasi pelayanan, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat.

Bupati juga menekankan agar para CPNSD Kabupaten Badung setelah mengikuti diklat prajabatan ini nantinya bisa memiliki pola pikir baru sebagai PNS, bukan lagi sebagai tenaga honorer karena peranan pola pikir tersebut sangat penting dalam pelaksanaan tugas-tugas pelayanan kepada masyarakat dan pembentukan birokrasi pemerintah yang kuat dan mampu mengatasi hambatan-hambatan yang akan dihadapi dalam pelaksanaan tugas. “Tumbuh kembangkan loyalitas dan disiplin serta hindari niat dan perbuatan yang dapat merusak citra PNS dan pemerintah daerah serta jangan mudah diprovokasi oleh pihak yang tidak bertanggungjawab” tegasnya.

Baca Juga :
Badung Targetkan Mei Mulai PTM di Kecamatan Petang

A.A. Ngr. Bagus Wirayasa selaku Panitia mengatakan bahwa penyelenggaraan diklat prajabatan golongan I, II dan III  Kabupaten Badung tahun 2011 berlangsung dari tanggal 19 September sampai dengan 13 Desember 2011. Lanjut dikatakan bahwa peserta Diklat Prajabatan ini adalah CPNSD dari tenaga honorer Kabupaten Badung tahun 2009 yang berjumlah 396 orang, yang terdiri dari 38 orang golongan III, 330 orang golongan II dan 28 orang golongan I.