Jembrana (Metrobali.com)

 

Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi Kadis PUPRPKP Jembrana I Wayan Sudiarta mentambangi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Jakarta, Jumat (16/9).

Kedatangan Bupati Tamba merupakan tindaklanjut atas kehadiran Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ke Jembrana, Sabtu (10/9) lalu. Mendampingi Menteri Basuki saat di Jembrana, Bupati Tamba mengajaknya meninjau langsung Anjungan Cerdas Rambut Siwi yang selama ini belum secara maksimal dimanfaatkan, Bupati Tamba meminta agar aset milik Kementerian PUPR tersebut diserahkan kepada Pemerintah Daerah, selain itu juga mengusulkan pembangunan sirkuit roadrace di Anjungan Cerdas Rambut Siwi untuk menghidupkan kembali kawasan tersebut, Menteri Basuki memberikan lampu hijau atas usulan yang disampaikan Bupati Tamba saat itu.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya menindaklanjuti kunjungan Bapak Menteri ke Jembrana, banyak hal yang kami diskusikan dan Bapak Menteri sangat luar biasa mensupport kami,” ucap Bupati Tamba.

Kedatangan Bupati Tamba untuk menyampaikan beberapa usulan disambut baik oleh Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti. Beberapa usulan yang disampaikan guna mempersiapkan Jembrana menjadi destinasi wisata yang usai Jalan Tol rampung diperkirakan 6 juta wisatawan akan bisa berkunjung ke Jembrana.

“Usulan yang kami ajukan yang pertama ada sirkuit roadrace di Anjungan Cerdas Rambut Siwi, berikutnya pembangunan dan penataan kolam renang Delodbrawah, Pembangunan Pusat Kuliner serta mengusulan 565 unit Perumahan dari Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya,” jelas Bupati Tamba didampingi Kadis PUPRPKP.

Sementara itu, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti didampingi Tim Teknisnya mengatakan akan melakukan proses verifikasi terhadap usulan yang disampaikan serta akan dilakukan prioritisasi.

“Kami akan memverifikasi baik terkait DID yang sudah disusun, lokasi, kesiapan-kesiapan pengelolaan baik itu kolam renang, roadrace Rambut Siwi, dan pembangunan pasar. Tidak lama tim kami akan melakukan verifikasi,” ungkapnya.

Baca Juga :
Ayah Lumpuh, Putu Rizki Ingin Melanjutkan Sekolah

Kadis PUPRPKP Jembrana I Wayan Sudiarta menjelaskan lebih rinci terkait usulan yang disampaikan ke Kementerian PUPR, “proposal yang kita ajukan yaitu yang pertama adalah sirkuit roadrace yang akan dibangun di Anjungan Cerdas Rambut Siwi dengan nilai 9 Miliar, yang kedua ada pembangunan dan penataan kolam renang Delodbrawah dengan nilai 25 Miliar. Kemudian juga untuk Anjungan Cerdas Rambut Siwi kita ajukan permohonan untuk dilakukan rehab dengan nilai 3,3 Miliar, berikutnya untuk pembangunan pusat kuliner atau food court senilai 29 Miliar,” jelasnya.

Lanjutnya sesuai persetujuan Menteri Basuki saat datang ke Jembrana, pihaknya mengaku juga mengusulkan calon penerima bantuan rehab rumah sebanyak 565 unit. “Terkait dengan janji bapak Menteri, kita diminta untuk mengusulkan dan akan dibantu sebanyak 565 unit rehab rumah dari Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya dengab nilai perunit sebesar 20 juta rupiah. Terkait calon penerima datanya dari E-RTLH (Elektronik Rumah Tidak Layak Huni) yang juga diintegrasikan dengan Jembrana Satu Data Dari Desa (JSDDD),” pungkasnya.

Sumber : Humas Jembrana

Editor : Sutiawan