Bupati Giri Prasta saat menghadiri Upacara Nebes serangkaian Ngodak Tapakan di Pura Pucak Manik dan Pura Dalem Desa Adat Petang, Rabu (8/2).

Badung, (Metrobali.com)

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri Upacara Nebes serangkaian Ngodak Tapakan di Pura Pucak Manik dan Pura Dalem Desa Adat Petang, Rabu (8/2). Turut hadir dalam kesempatan ini Penglingsir Puri Agung Petang, Kadis Kebudayaan Badung I Gede Eka Sudarwitha, Camat Petang AA. Ngr Raka Sukaeling, Perbekel se-Kecamatan Petang, Bendesa Adat serta tokoh masyarakat setempat.

Upacara Nebes serangkaian Ngodak Tapakan di Pura Pucak Manik dan Pura Dalem Desa Adat Petang dipuput oleh Ida Peranda Gede dari Griya Kemenuh.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur kepada Ida Hyang Widhi Wasa dan Ida Betara Betari yang berstana di Pura Pucak Manik karena telah diberikan kerahayuan untuk bisa hadir saat Upacara Nebes serangkaian Ngodak Tapakan ring Pura Pucak Manik dan Pura Dalem Desa Adat Petang. “Mari kita selalu berbakti semoga Ida Sang Hyang Widhi memberikan jalan dan anugerah yang baik bagi semua warga masyarakat Desa Adat Petang dalam melaksanakan upacara seperti sekarang ini,” ujarnya.

Dikatakan lebih lanjut, kehadiran pemerintah ditengah-tengah masyarakat Desa Adat Petang, dalam acara Nebes serangkaian Ngodak Tapakan ring Pura Pucak Manik dan Pura Dalem ini, untuk meringankan beban masyarakat seperti melestarikan Adat, Agama, Tradisi, Seni dan Budaya. “Seperti sekarang ini Ngodak Tapakan di Desa Adat Petang kami Pemerintah Kabupaten Badung membantu dana sebesar Rp 618.450.000 dan secara pribadi saya memberikan bantuan sebesar Rp 25 juta. Kepada Sangging yang wenang atau kasudi untuk memperbaiki pelawatan Ida Betara di Pura ini agar benar-benar pelaksanaan pekerjaannya, yang paling utama untuk masyarakat Desa Adat Petang,” ucap Bupati Giri Prasta.

Sementara itu Bendesa Adat Petang I Dewa Gede Usadi, menyampaikan banyak terimakasih atas kehadiran Bapak Bupati Badung bersama undangan lainnya dimana masyarakat Desa Adat Petang¬†melaksanakan upacara Nebes. “Upacara ini terlaksana atas Suwaran Widi (Parum ring Desa Adat) dan kami sepakat untuk Ngodak Tapakan di Pucak Manik dan Pura Dalem sebelum akan melaksanakan upacara Ngusaba Dalem. Untuk itu, kami masyarakat sepakat terlebih dahulu untuk memperbaharui Pelawatan Ida Betara di Pucak Manik dan Dalem,” jelasnya.

Sumber : Humas Badung

Editor : Hana