Mangupura (Metrobali.com)-

Bupati Badung A.A. Gde Agung,SH menerima kunjungan kehormatan dari Komisaris Jendral Duta Besar Sanfransisco Amerika Serikat Bidang Keuangan dan Pariwisata Mr. Lee di Puspem Badung, Selasa (25/10) kemarin. Ikut mendampingi Bupati dalam penerimaan tersebut Kepala Dinas Pariwisata Cokorda Raka Darmawan, Ketua PHRI Badung Anak Agung Rai Surya Kusuma.

Dalam kunjungan tersebut Dubes Sanfransisco Mr. Lee yang didampingi Consulat Jendral Indonesia yang berkedudukan di Sanfransisco Asianto Sinambela, beserta Sekretaris Consulat Edwin,  menyampaikan, maksud dan tujuan kunjungan ke Kabuapten Badung untuk mengetahui bagaimana perkembangan kepariwisataan termasuk fasilitas akomodasi pariwisata di Badung dan Bali umumnya. Dalam pertemuan yang penuh kekeluargaan itu Mr. Lee menyampaikan ketakjubannya dengan pariwisata yang ada di Bali dan Kabupaten Badung  yang tidak ada di negara lain di dunia. Lebih jauh ia mengatakan dengan keberadaan pariwisata budaya yang dimiliki ini dapat menjadi barometer kepariwisataan Indonesia.

Bupati Badung A.A. Gde Agung  menyampaikan rasa hormat sekaligus berteima kasih kepada Mr. Lee yang telah meluangkan waktunya untuk berkunjung di Kabupaten Badung.  Menurut Bupati, sektor pariwisata memang menjadi sektor unggulan Badung dan sebagaian besar masyarakat Badung menggantungkan kehidupannya dari sektor pariwisata. Sektor pariwisata juga memberi kontibusi sangat besar kepada perkembangan pembangunan di Kabupaten Badung.  Ditambahkan, Badung merupakan satu dari sembilan Kabupaten/Kota di Bali, yang terbagi kedalam 3 wilayah pembangunan yaitu Badung Utara dengan dominasi aktivitas perkebunan dan tanaman pangan, Badung Tengah dengan dominasi aktivitas pertanian, pariwisata budaya, peternakan dan kebudayaan dan Badung Selatan dengan dominasi aktivitas pariwisata, perikanan, dan industri kecil. “Sektor pariwisata memang menjadi sektor unggulan di Kabupaten Badung dengan mengandalkan pariwisata budaya dengan tetap melestarikan kearifan lokal, keunikan seni dan alamnya menjadikan pariwisata sebagai primadona dan sumber pendapatan. Disamping itu sektor pertanian dalam arti luas juga terus dikembangkan untuk menunjang sektor pariwisata serta industri kecil dan menengah,” kata Bupati.

Baca Juga :
Polda Bali Supervisi Kasus Pembunuhan Mahasiswa Stikes

Dalam kunjungannya Komisaris Jendral Kedubes Sanfransisco, Mr. Lee tidak henti-hentinya menyampaikan kekagumannya dengan keberadan dan pembangunan Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung,  Mangupraja Mandala yang begitu kental dengan nuansa arsitektur tradisional Bali dan atmosfir alamnya yang masih asri. Diakhir kunjungan sebagai rasa persaudaraan dan silahturahmi antara Pemerintah Badung dan Amerika Serikat, dilakukan pertukaran cendramata antara Bupati Badung A.A. Gde Agung  dan Komisaris Jenderal Kedubes Sanfransisco Amerika Serikat Mr. Lee.     (Humas Badung)