Mangupura (Metrobali.com)-

Puluhan warga Banjar Gede, Desa Sempidi, Mengwi yang mengalami keracunan makanan, pada Senin (29/8) lalu dibesuk Bupati Badung A.A Gde Agung, SH di RSUD Badung. Kunjungan ini sebagai bentuk keprihatinan Pemerintah Kabupaten Badung terhadap musibah yang menimpa masyarakat pada saat perayaan ulang tahun Sekaa Teruna Teruni (STT) Br. Gede, Sabtu lalu.

Dalam kunjungan tersebut Bupati Gde Agung menyampaikan rasa simpati dan keprihatinan terhadap puluhan warga Banjar Gede, Sempidi dan sekitarnya yang mengalami musibah keracunan. Bupati sangat menyayangkan kejadian ini dan meminta kepada pihak rumah sakit untuk meringankan beban para pasien keracunan dengan membebaskan biaya pengobatan. Disamping itu Bupati juga berharap kepada pihak berwenang untuk segera melakukan penyidikan dari peristiwa keracunan tersebut. Kepada masyarakat Bupati diminta untuk lebih berhati-hati dalam memilih makanan terutama terhadap makanan agak berbau yang kemungkinan sudah terjangkit bakteri beracun.

Sementara itu Dirut RSUD Badung dr. Agus Bintang Suryadi memaparkan, warga Banjar Gede Sempidi yang mengalami keracunan datang ke RSUD pada Minggu (28/8) malam, dimana warga pada saat itu mulai mengalami gejala keracunana seperti muntah, diare dan pusing-pusing. Pihaknya belum bisa memastikan kandungan makanan yang disantap warga hingga terjadi keracunan. ”Kami masih melakukan pengecekan terhadap makanan dan snack yang disantap warga dan hasilnya masih belum keluar,” katanya.

Pada saat itu sebanyak 9 orang warga keracunan masih dirawat intensif dari sebelumnya 42 warga yang dirawat. Dari jumlah keseluruhan warga yang keracunan diperkirakan berjumlah 78 orang. Selain di RSUD Badung beberapa warga juga dirawat ke RS Sanglah, RS Wangaya dan RS Surya Husada.

Wabup Sudikerta Juga Besuk Pasien Keracunan

Baca Juga :
Presiden Jokowi Akan Resmikan Bendungan dan Tanam Padi di Jawa Timur

Wakil Bupati Badung Drs. I Ketut Sudikerta, usai menghadiri karya di Desa Adat Batulantang, Petang, Selasa (30/8) lalu juga menyempatkan diri membesuk pasien keracunan makanan warga Br. Gede, Desa Sempidi, Mengwi yang dirawat inap di RSUD Badung, Kapal. Didampingi Direktur RSUD Badung dr. Agus Bintang Suryadi, Wabup Sudikerta sempat membesuk dua pasien yang masih mendapat perawatan. Dua pasien dari Br. Gede tersebut masing-masing Putu Junaidi (25) dan Putu Sudiana Putra (19) yang telah dirawat selama dua hari. Saat pantauan di RS, kondisi pasien sudah membaik, bahkan pasien Putu Sudiana Putra sempat ngobrol dengan Wabup. Sudikerta. Kehadiran Wabup Sudikerta membesuk pasien keracunan ini sebagai wujud perhatian Beliau kepada masyarakat yang mengalami musibah. Pada kesempatan itu Sudikerta mendoakan semoga para paisen akibat keracunan segera pulih dan dapat beraktifitas seperti biasa.

Seperti diberitakan sebelumnya, musibah keracunan berawal dari santapan makanan pada acara pelantikan pengurus STT Banjar Gede, Desa Sempidi, Mengwi, Sabtu (27/8) malam lalu. Keesokan harinya, Minggu (28/8) warga kebanyakan mengeluh sakit perut, mual, diare dan muntah-muntah dan mereka langsung diboyong kesejumlah rumah sakit.