Buleleng (Metrobali.com)-

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mendorong peningkatan kualitas koperasi modern di Kabupaten Buleleng. Hal tersebut dicapai dengan meningkatkan kompetensi dan daya saing, serta masuk ke ruang digitalisasi.

Hal tersebut terungkap melalui pesannya yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Buleleng Gede Suyasa, saat memimpin Apel Jalan Santai dan Serbu Pasar Banyuasri, yang dimulai di Gedung Kesenian Gde Manik, Jumat (22/7). Kegiatan ini merupakan serangkaian Peringatan Hari Koperasi Ke-75.

Hari Koperasi merupakan momentum yang tepat untuk membangkitkan semangat memajukan, meningkatkan kualitas dan menjadikan koperasi modern. Menurutnya, Koperasi harus mengambil kesempatan masuk ke ruang digital. Peluang terbuka lebar dengan adanya Instruksi Presiden (INPRES) tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi Dalam Rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

“Saat ini, setiap daerah pengadaannya harus lebih banyak menggunakan e-katalog. Dan dan e-katalognya, adalah lokal. Maka ini kesempatan UMKM dan koperasi untuk masuk kedalam sistem e-katalog lokal,” paparnya

Dengan masuknya Koperasi dengan UMKM ke ruang digital, khususnya untuk bergabung dengan e-katalog pemerintah, maka keuntungan bisa dinikmati. Masuk ke ruang digital, tidak bisa dilakukan tanpa adaptasi yang baik, dan peningkatan kualitas yang terus-menerus diupayakan.

“Untuk bisa sampai seperti itu, maka koperasi dan UMKM harus masuk ke ruang digital. Demikian  semua harus meningkatkan kualitas.  Mendekatkan diri pada modernitas,” ujarnya.

Perayaan Hari Koperasi Nasional Ke-75 dihelat oleh Kabupaten Buleleng dengan tema “Melalui Koperasi Modern Kita Sukseskan Kedaulatan Pangan dan Energi”. Terkait tema tersebut, Suradnyana mengungkapan hal tersebut menjadi sangat sesuai untuk koperasi menjadi pilar kuat ekonomi bangsa dalam mengarungi krisis global yang saat ini melanda.

Baca Juga :
Korban Meninggal Akibat Banjir Di NTT Dan NTB Capai 119 Orang

“Koperasi menjadi soko guru yang sangat kuat di bidang ekonomi untuk level menengah kebawah. Saat ini diberi ruang untuk masuk ke dunia digital. Saya harap koperasi jadi lebih baik, berdaya saing, masuk di dunia modern lewat digitalisasi,” ungkapnya.

Suradnyana juga menyampaikan apresiasinya atas gelaran Hari Koperasi Ke-75 di Kabupaten Buleleng yang dilakukan dengan berbagai kegiatan. Beberapa rangkaiannya, antara lain Pasar rakyat dan gelar koperasi dan UMKM di Gedung kesenian Gde Manik Singaraja, donor darah, perlombaan tradisional, talkshow, lomba mewarnai untuk anak, lomba video pendek, dan temu bisnis.

 

Sumber : Humas Pemkab Buleleng