Bangli (Metrobali.com)-

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta membuka Pelatihan guru dan siswa dengan menggunakan Metode Gasing (Gampang Asik Menyenangkan) di Aula UHN IGB Sugriwa Kampus Bangli,Rabu, 10/08/2022. Pembukaan Pelatihan ini juga dihadiri oleh Staf Menko Marves yang sekaligus pencipta metode Gasing Prof. Yohanes Surya,Ph.D. Rektor UHN IGB Sugriwa yang diwakili oleh Dekan Darma Acarya Fakultas ilmu pendidikan, Kadisdikpora Kabupaten Bangli serta anak-anak siswa dan guru peserta
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangli Komang Pariartha dalam laporannya menyampaikan, pelatihan Gasing ini sangatlah bermanfaat bagi siswa yakni untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi melalui proses belajar pandai berhitung dengan menggunakan metode Gasing dan meningkatkan kemampuan numerasi yang berhubungan dengan konsep penjumlahan, perkalian, pengurangan, pembagian dengan menggunakan metode gasing sebagai dasar pembelajaran berbagai subjek khususnya dalam bidang sains, teknologi, keteknikan dan matematika. Sedangkan manfaat bagi guru yakni mampu mengajarkan konsep penjumlahan, perkalian, pengurangan, pembagian dengan menggunakan metode Gasing kepada siswa sehingga meningkatkan efektivitas pembelajaran. Peserta pelatihan Gasing ini diikuti oleh 50 orang guru dan 150 siswa dari kabupaten bangli dan 10 orang guru dan 20 siswa dari Kota Denpasar.
Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dalam sambutannya mengatakan pendidikan adalah kunci pembuka gerbang cakrawala kehidupan. Semua kemajuan peradaban bangsa adalah buah karya pendidikan. Untuk hal tersebut, maka pendidikan haruslah berkwalitas. Kwalitas pendidikan tercermin dari seberapa kompeten para lulusannya, baik kompeten di bidang literasi maupun numerasi. Sehubungan dengan hal tersebut maka kepercayaan yang diberikan oleh Bapak Prof.Yohanes Surya kepada Kabupaten Bangli untuk menyelenggarakan pelatihan gasing ini sangat diharapkan. Dengan dilaksanakan pelatihan ini adalah berkah akademik bagi para guru dan siswa. Pelatihan ini adalah sebuah lompatan untuk mengakselerasi peningkatan kompetensi numerasi para siswa. Misi meningkatkan kualitas pendidikan khususnya mewujudkan Bangli pandai berhitung akan benar-benar terwujud.
Ditambahkannya, Untuk mencapai hal tersebut maka pelatihan gasing ini adalah jalan besar menuju Bangli yang maju, sehingga warga Bangli bisa melewati berbagai halangan dan rintangan di tengah tantangan jaman dan himpitan kompetisi global dewasa ini. Dengan berhasil diselenggarakannya pelatihan gasing ini, kami dengan rasa tulus dan bangga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Prof. Yohanes Surya, Ph.D. sebagai pencipta metode gasing serta atas kehadirannya secara langsung memberikan pelatihan kepada para guru dan siswa di Bangli. Pihaknya berharap kepada semua guru dan siswa selaku peserta pelatihan gasing ini agar mengikuti dengan sebaik-baiknya sehingga semua ilmu dan teknik yang diberikan mampu dikuasai, bermanfaat bagi diri sendiri, serta bagi guru dan siswa lainnya. Sehingga kualitas kompetensi numerasi anak-anak kita meningkat secara signifikan, yang akhirnya mewujudkan Bangli yang maju. Imbuhnya.

Baca Juga :
Percepat Penuntasan Kemiskinan, Gubernur Optimalkan Pendidikan Anak-Anak Gerbangsadu

 

Sumber : Humas Pemkab Bangli