Buleleng, (Metrobali.com)

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnya berharap dengan dibukanya Jambore Nasional 1  Camper Van Indonesia di Kabupaten Buleleng, dapat memantik pengembangan pengelolaan wisata camper van, dan dapat membantu bangkitnya pariwisata di Buleleng pada masa pasca pandemi menuju endemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Bupati Suradnyana saat membuka Jambore Nasional 1 Camper Van Indonesia di camp ground Krisna Osea Park Lovina desa Temukus Kecamatan Banjar, Selasa (15/3) sore.

Lebih lanjut Bupati Agus mengatakan camper van sejatinya bukan hal yang baru, namun di Bali masih diperlukan pengembangan termasuk pada pemasarannya. Suradnyana melihat, camper van merupakan suatu hal yang cukup menjanjikan, karena memiliki segmen ataupun peminat yang baik. Jika dikelola dengan baik, camper van ke depannya dapat menjadi alternatif penunjang industri pariwisata di Bali. “Jambore camper van ini bisa juga diartikan camper fun. Dikemas menjadi suatu yang menyenangkan, jadi dapat menambah strategi pengembangan kepariwisataan di Bali,” ucapnya.

Agus Suradnyana menambahkan, dengan banyaknya anggota komunitas camper van dari seluruh Indonesia yang datang ke Buleleng, diharapkan dapat berpartisipasi dalam pembangunan di Kabupaten Buleleng. Salah satunya dengan ikut memberikan informasi atau mempromosikan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Buleleng. Terlebih Buleleng memiliki geografis yang sangat cocok untuk berwisata dengan camper van. “Saya sangat mendukung kegiatan ini, terima kasih sudah melakukan jambore camper van di Kabupaten Buleleng”, ungkapnya.

Sementara itu Ketua Pantia Putu Andi Pandi pada kesempatan itu mengatakan, akan ada sekitar 90 peserta dari seluruh Indonesia yang berpartisipasi mengikuti Jampore Camper Van ini. Jambore ini mengambil konsep “Nyegare Gunung”. Hari pertama jambore akan dilakukan di tepi pantai dan hari berikutnya akan di lakukan di Danau Buyan dan wilayah perbukitan sebagai konsep gunungnya.

Baca Juga :
Lima Hari, 500 Lebih Sopir Lakukan Rapid Test Gratis

Ia juga menjelaskan, Kabupaten Buleleng dipilih untuk menjadi tempat tujuan Jambore Nasional Karena sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata dengan Camper Van. Kabupaten Buleleng mudah dituju, dan memiliki berbagai wisata menarik, utamanya dengan konsep nyegare gunung tersebut. Mengenai jenis mobil camper van ia menjelaskan, banyak jenis mobil bisa digunalkan asal luasan interior mobil luas dan jenis mobil yang dapat digunakan untuk menjelajah “kita merupakan club penyuka camping dengan mobil”,jelas Andi.(br)