Bunda Paud Tabanan Dukung Kegiatan Mendongeng Sebagai Metode Belajar Anak

single-image

 

 

Tabanan, (Metrobali.com)

 

Sebagai wujud dukungan langsung terhadap beragam kegiatan yang diselenggarakan oleh Provinsi, Ny Rai Wahyuni Sanjaya selaku Bunda Paud Tabanan menghadiri langsung program acara “Kak Seto dan Bunda Paud Menyapa” yang diselenggarakan oleh Ketua TP PKK Provinsi Bali, Sabtu (15/1).

 

Berlangsung di Gedung Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, kegiatan tersebut menjadi salah satu Program Unggulan PAAREDI (Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital) dengan tema “Mencegah Kecanduan Medsos Pada Anak Dengan Cara Mendongeng” yang tentunya menargetkan anak-anak dan golongan remaja di provinsi Bali. Acara tersebut dipimpin langsung oleh Tuan Rumah, Ny Putri Koster selaku Bunda Paud Provinsi Bali dan psikolog anak Setyo Mulyadi sebagai narasumber. Dihadiri langsung oleh seluruh Bunda Paud se-Kabupaten / Kota Provinsi Bali, serta ditayangkan secara daring melalui kanal youtube.

 

Pada kegiatan ini, Setyo Mulyadi yang akrab disapa Kak Seto, mempraktekkan teknik mendongeng dengan boneka tangan, dan bermacam peralatan dongeng yang ia siapkan, di mana cerita yang disampaikan melalui interaksi dengan medium diharapkan akan lebih mudah diterima secara visual oleh audiens. “Mendongeng ini bisa meningkatkan kedekatan dengan anak. Ayah dan bunda bisa menjadi sahabat anak, dan dongeng, juga bisa menjadi bahan diskusi dalam keluarga, sehingga akan memunculkan kecenderungan anak untuk aktif dan mampu berargumentasi” Ujarnya.

 

Menilai pentingnya mendongeng dan mencari berbagai ide kreatif lainnya sebagai metode belajar anak, melalui kegiatan ini Ny Rai Sanjaya mengungkapkan dan memberikan apresiasi yang sangat positif. Terutama atas peran serta Bunda-bunda Paud di Wilayah Bali yang aktif memberikan perhatian serta menyasar langsung anak-anak di Bali khususnya di Tabanan. Mendongeng menjadi salah satu alternatif terbaik untuk membentuk karakter anak serta berpengaruh penting terhadap daya imajinasi dan tumbuh kembang anak. Terlebih di era digital, di mana segala informasi dan tren dapat diakses dengan mudah melalui media sosial, pastinya akan menjadi tantangan yang sulit bagi orang tua, untuk mencegah kecanduan media sosial pada anak.

Baca Juga :
TNI AU dan AL Akan Punya Aster

 

“Mendongeng merupakan salah satu media tumbuh kembang anak, baik melalui olah pikir, olah rasa, maupun literasi, yang dimulai sejak usia dini” berkaitan dengan hal tersebut, Ny Rai Sanjaya akan lebih gencar melaksanakan sosialisasi tentang program mendongeng ini kepada pengelola maupun guru-guru Paud di sekolah maupun seluruh wilayah di Tabanan. (RED-MB)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.